Bupati Morowali Utara puji pembangunan Sulteng di usia ke-60

id Pemkabmorut, Delis Hehi, pembangunan daerah, pembangunan Sulteng, HUT Sulteng, Rusdy Mastura

Bupati Morowali Utara puji pembangunan Sulteng di usia ke-60

Bupati Morowali Utara Delis J Hehi (kedua kanan) berpose bersama Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura (tengah) usai peringatan HUT Sulteng ke-60, Rabu (17/4/2024). ANTARA/HO-Humas Pemkab Morut

Palu (ANTARA) -
Bupati Morowali Utara (Morut) Delis J Hehi memuji kemajuan pembangunan Sulawesi Tengah (Sulteng) di usia ke-60 provinsi tersebut.


 


"Sulteng salah satunya daerah yang menjadi tujuan proyek strategis nasional di bidang industri pertambangan, salah satunya berada di Morowali Utara," kata Delis usai menghadiri peringatan HUT ke-60 Sulawesi Tengah di Kota Palu, Rabu.


 


Menurut dia provinsi berpenduduk sekitar 3,2 juta jiwa ini mengalami kemajuan pesat dalam pembangunan di berbagai bidang, diantaranya ekonomi Sulteng tahun 2023 tumbuh 11,91 persen.


 


Kemudian angka kemiskinan tahun 2022 dari angka 3,02 persen dapat ditekan menjadi 1,44 persen pada tahun 2023, begitu pun tingkat pengangguran terbuka mencapai angka 2,95 atau turun 0,05 persen poin, capaian ini memposisikan Sulteng pada peringkat ke-5 terbaik secara nasional, (BPS 2023).


 


"Indeks pembangunan manusia (IPM) Sulteng juga mengalami peningkatan berada di atas 70 persen, saya menilai peningkatan ini sangat signifikan," ujarnya.


 


Di masa kepemimpinan Rudy Mastura sebagai Gubernur Sulteng nilai investasi di provinsi ini mengalami peningkatan signifikan yakni mencapai Rp111,68 triliun dan pendapatan asli daerah (PAD) naik dari Rp900 miliar di awal pemerintahan tiga tahun lalu, menjadi Rp2,059 triliun pada 2023.


 


Oleh sebab itu Morowali Utara sebagai salah satu daerah yang berkontribusi terhadap pembangunan provinsi ini, terus berupaya meningkatkan produktivitas untuk kesuksesan pembangunan di masa depan.


 


"Sebagai salah satu kabupaten di Sulteng, kami juga memiliki tanggung jawab memajukan provinsi ini sehingga dapat bersaing dengan daerah maju lainnya di Indonesia," ucap Delis.


 


Menurut dia seiring pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Sulteng sebagai salah satu provinsi terdekat dengan IKN akan mendapat manfaat besar dalam pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat, sebagaimana yang telah dilakukan Pemprov Sulteng yakni menyiapkan Kawasan Pangan Nusantara di Kabupaten Donggala.


 


"Kami berharap usia Sulteng yang ke-60, provinsi ini jauh lebih baik ke depan. Mewujudkan Sulteng emas perlu ditopang dengan komitmen dan aksi nyata," kata dia.