Bawaslu Sigi tetapkan 37 peserta existing sebagai Panwascam Pilkada

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Bawaslu Sigi ,Badan Pengawas Pemilihan Umum ,Panwascam

Bawaslu Sigi tetapkan 37 peserta existing sebagai Panwascam Pilkada

Ketua Bawaslu Sigi Hairil saat memberikan keterangan terkait pendaftaran baru anggota Panwaslu Kecamatan Pilkada Serentak 2024 disela-sela pengawasan seleksi tulis Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU Sigi. ANTARA/MOH SALAM

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sigi Sulawesi Tengah (Sulteng), menetapkan 37 orang peserta existing lolos menjadi anggota Panwascam Pilkada serentak di Kabupaten Sigi tahun 2024.
 


"Yang mendaftar kemarin untuk existing sebanyak 45 orang tapi setelah dievaluasi yang hanya memenuhi syarat hanya 37 orang," kata Ketua Bawaslu Sigi Hairil, Senin.


 


Dia mengemukakan saat ini sudah membuka pendaftaran baru untuk posisi sebagai anggota Panwascam Pilkada 2024.


 


"Masih ada kecamatan yang tidak terpenuhi kuotanya misalnya di Kecamatan Sigi Biromaru hasil evaluasi kinerja memenuhi syarat satu orang artinya ada dua kuota kosong sehingga kami lakukan perekrutan baru," ucapnya. 


 


Kata Hairil, untuk memasukkan berkas pendaftaran anggota Panitia pengawas kecamatan baru berakhir tanggal 7 Mei 2024.


 


"Nanti pendaftar baru ini akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu tes Computer Assisted Test (CAT), sementara untuk peserta existing tidak mengikuti prosedur CAT lagi karena sudah dinyatakan memenuhi syarat," ujarnya. 


 


Hairil menambahkan, peserta existing akan ditetapkan secara bersama-sama dengan anggota Panwascam baru lainnya.


 


"Pendaftaran baru sebenarnya bukan dibatasi jadi metode yang kami gunakan sesuai dengan pedoman yang dikeluarkan Bawaslu RI, yaitu melakukan evaluasi kinerja kepada existing yang masih tetap mau mengabdi dan mendaftarkan diri," kata Hairil.


 


Dia menambahkan, saat ini hanya tinggal tujuh kecamatan dengan membutuhkan delapan orang peserta pendaftar baru untuk Panwascam Pilkada serentak di Sigi. 


 


"Ini kan kuota yang kosong hanya untuk delapan orang dari tujuh kecamatan di Kabupaten Sigi yaitu Sigi Biromaru, Dolo, Dolo Barat, Lindu, Pipikoro, Nokilalaki dan Marawola Barat," tutur Hairil.


 


Berdasarkan data Bawaslu Sigi, Daftar kecamatan yang dibuka pendaftaran bagi pendaftar baru untuk Panwascam Pilkada serentak 2024 yaitu Sigi Biromaru dua kuota, Dolo, Dolo Barat, Lindu, Pipikoro, Nokilalaki dan Marawola Barat masing-masing satu kuota.