Kemenag Sigi latih petugas dalam berikan pelayanan kepada jamaah haji

id Kabupaten Sigi ,Sulawesi Tengah ,Jamaah haji,Kemenag Sigi

Kemenag Sigi latih petugas dalam berikan pelayanan kepada jamaah haji

Kepala Kantor Kemenag Sigi Lutfi Yunus (dua kiri) bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi Nuim Hayat (dua kanan) saat membuka kegiatan Pembekalan tugas dan fungsi ketua regu serta ketua rombongan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sigi tahun 2024. (ANTARA/Moh Salam)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng), memberikan pelatihan dan pemahaman kepada petugas haji tahun 2024 dalam memberikan pelayanan kepada Calon Jamaah Haji (CJH) kabupaten itu.
 


"Pembekalan tugas dan fungsi ketua regu serta ketua rombongan Kantor Kemenag Kabupaten Sigi ini bertujuan untuk mempercepat komunikasi antara jamaah dengan petugas, karena jamaah butuh layanan," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Sigi Lutfi Yunus di Sigi, Rabu.

 

Dia mengemukakan pada tahun 2024 Kabupaten Sigi memberangkatkan 109 calon jamaah haji.

 

"Untuk Kabupaten Sigi terbagi dua kloter yaitu Kloter 12 dan 13 yang jadwal pemberangkatannya sudah tersusun, untuk Kloter 12 akan masuk asrama haji transit Palu pada tanggal 28 Mei, Kloter 13 masuk asrama haji tanggal 30 Mei," ucapnya.

 

Dalam kloter, lanjutnya, terbagi menjadi beberapa rombongan dan regu untuk memudahkan komunikasi petugas haji selama di Arab Saudi.

 

"Rombongan itu standarnya 45 orang, untuk calon haji Kabupaten Sigi terbagi dalam tiga rombongan, masing-masing rombongan itu ada ketua-ketua regu sehingga bisa jadi satu rombongan itu lima sampai enam regu," ujarnya. 


 


Lutfi menambahkan tugas dari ketua rombongan dan regu adalah membantu ketua kloter yaitu tugas manajemen dan tugas khusus kesuksesan jamaah beribadah haji selama di Makkah, termasuk fikih haji.

 

"Dalam satu regu biasa berjumlah 10 sampai 11 orang, pesan saya kepada calon jamaah haji memprioritaskan ibadah dan menjaga kesehatan, baik sebelum pemberangkatan maupun selama di Makkah," kata dia.

 

Dia berpesan agar petugas haji Kabupaten Sigi memberikan pelayanan terbaik kepada calon jamaah haji selama beribadah di Makkah.

 

"Untuk petugas haji jangan pernah lelah melayani jamaah dan jangan bosan menolong jamaah yang membutuhkan bantuan. Ingat ketua rombongan dan regu ini punya tugas besar yaitu mengurus banyak orang," tuturnya.