PIP targetkan seribu proposal pengusaha muda di Indonesia Timur

id PIP, target, seribu proposal, pengusaha muda, Indonesia Timur

PIP targetkan seribu proposal pengusaha muda di Indonesia Timur

Kick-off Youthpreuner 2024 yang digelar secara hybrid dengan dipusatkan di Gedung Keuangan Negara (GKN) Makassar dan diikuti oleh ratusan mahasiswa calon pengusaha muda di Makassar, Selasa (3/6/2024). ANTARA/Muh Hasanuddin

Makassar (ANTARA) - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menargetkan seribu proposal dari pengusaha muda yang tersebar di Indonesia Timur usai peluncuran UMi Youthpreneur 2024 di Makassar.

Direktur Keuangan, Umum, dan Sistem Informasi PIP, Mas Soeharto di Makassar, Senin, mengatakan PIP kembali menghadirkan UMi Youthpreneur 2024.

"Ini ajang kompetisi bisnis untuk anak muda yang ingin memulai ataupun mengembangkan usahanya dan kami berharap besar dari Indonesia Timur, khususnya di Makassar," ujarnya.



Mas Soeharto mengatakan UMi Youthpreneur merupakan program tahunan yang dimulai pada 2022 dan bertujuan untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan mendukung pengusaha muda yang berpotensi untuk berkontribusi dalam perekonomian nasional.

Melalui program ini, para pengusaha muda dapat memperluas jaringan, meningkatkan keterampilan bisnis, serta mendapatkan akses pembiayaan dan bimbingan dari para ahli.

Kompetisi ini terbuka bagi Warga Negara Indonesia (WNI) usia 18-32 tahun. Tahun ini terdapat dua kategori, yaitu mahasiswa dan umum, serta empat bidang usaha, yaitu makanan dan minuman, fesyen, kriya, dan sosial lingkungan.

“Pasar UMKM masih cukup besar yang belum tersentuh oleh pemerintah. Jadi, bagaimana PIP ini memberikan pembiayaan kepada UMKM yang belum dapat dari bank. Program ini juga mendorong kreatif dan inovasi anak muda mengembangkan usaha menjadi pelaku pertumbuhan ekonomi Indonesia,” katanya.

Melalui program UMi Youthpreneur 2024, PIP memberikan akses bagi UMKM mendapatkan pembiayaan hingga Rp20 juta. Diberikan kepada UMKM yang belum mendapatkan pembiayaan dari perbankan.

Ke depan, kata Mas Soeharto, PIP akan mengembangkan tiga fokus program. Pertama, meningkatkan platform dari Rp20 juta ke Rp100 juta agar menjadi pendorong peningkatan nilai ekonomi debitur.



Fokus kedua adalah melakukan perluasan kanal pembiayaan. PIP akan bekerja sama dengan sejumlah komunitas Lembaga Jasa Keuangan (LJK).

“Ketiga, akan memperkuat pemberdayaan melalui pendampingan pelatihan dan inkubasi usaha dan lain sebagainya yang bisa mendorong UMKM,” kata Mas Soeharto.

Pendaftaran UMi Youthpreneur 2024, dibuka hingga 23 Juni 2024. Selama masa pendaftaran, UMi Youthpreneur 2024 akan mengadakan sosialisasi melalui rangkaian online roadshow yang juga akan berisi business talkshow bersama para Alumni UMi Youthpreneur 2023.

Rangkaian Kompetisi UMi Youthpreneur 2024, adalah dimulai dari Seleksi Administrasi, Inkubasi Bisnis, Presentasi Bisnis (Online), dan bagi peserta terbaik dari sesi Inkubasi Bisnis dan Presentasi Bisnis (Online) akan berkesempatan untuk melaju ke Kompetisi Nasional yang akan diadakan di Jakarta.