Polres Sigi ajak semua pihak jaga kamtibmas menjelang Pilkada 2024

id Sulawesi Tengah ,Kabupaten Sigi ,Polres Sigi ,Kamtibmas ,Pilkada 2024

Polres Sigi ajak semua pihak jaga kamtibmas menjelang Pilkada 2024

Rombongan Polres Sigi bersama Bupati Sigi dan forkopimda berkunjung ke Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo. ANTARA/ HO-Humas Polres Sigi.

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Sigi, Sulawesi Tengah (Sulteng) mengajak seluruh pihak menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah itu menjelang Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sigi 2024.

"Kunjungan kami ke Pondok Pesantren Madinatul Ilmi Dolo untuk menjalin silaturahim antara Polri dengan tokoh agama serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) setempat," kata Kapolres Sigi AKBP Reja A Simanjuntak di Sigi, Selasa.
 
Ia mengemukakan silaturahim ini merupakan dalam rangka cooling system untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas selama Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Sigi.

"Tujuannya untuk menciptakan situasi tetap kondusif menjelang pemilihan kepala daerah tahun 2024 khususnya di Sigi," ucapnya.
 
Menurutnya semua pihak baik pemerintah daerah, TNI-POLRI, masyarakat dan tokoh agama harus mengambil andil dalam menjaga keamanan selama Pilkada mendatang.
 
"Silaturahim ini merupakan kegiatan sambang kamtibmas bersama forkopimda, para tokoh agama dan masyarakat serta untuk mengetahui permasalahan dan harapan masyarakat di lapangan, " ujarnya
 
Kata Reja, tokoh agama berperan penting menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat baik melalui masjid untuk umat Islam maupun gereja bagi umat Kristiani.
 
"Jadi semua berbagi peran karena memang ini adalah tugas kita semua, sehingga perhelatan pemilihan kepala daerah di Kabupaten Sigi dapat terselenggara dengan aman dan lancar," tuturnya.
 
Pihaknya pun menjelang pemilihan kepala daerah di Sigi merutinkan patroli untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di sejumlah titik seperti Kantor KPU dan Bawaslu Sigi, Sekretariat PPK serta panwascam setempat.
 
"Polres Sigi pun rutin patroli untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas di lokasi publik yaitu pasar, kantor perbankan, Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum, dan pemukiman penduduk terutama kompleks perumahan," tuturnya.