BPBD Parigi Moutong buka posko darurat pascabanjir Toribulu

id bpbd parigi moutong,banjir parigi moutong,sungai toribulu,banjir bandang,desa sienjo ,desa sibalago,banjir sulteng

BPBD Parigi Moutong buka posko darurat pascabanjir Toribulu

Banjir bandang merendam rumah warga di Desa Sienjo, Kecamatan Toribulu, Parigi Moutong, Minggu (23/6/2024). ANTARA/HO-BPBD Sulteng

Palu (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah (Sulteng), membuka posko darurat pascabanjir bandang yang menerjang Desa Sienjo dan Desa Sibalago, Kecamatan Toribulu.
 
"Posko darurat dibuka sebagai respon cepat pemerintah dalam melakukan penanganan banjir," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Parigi Moutong Amirudin dihubungi dari Palu, Minggu.
 
Ia menjelaskan saat ini posko darurat juga dijadikan tempat pengungsian di Desa Sienjo, berlokasi di kantor kepala desa setempat, dengan jumlah warga terdampak sekitar 110 orang dari 33 Kepala Keluarga (KK).
 
Dalam penanganan darurat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong saat ini menyiapkan logistik siap saji untuk korban bencana, mengingat kondisi yang belum kondusif.
 
"Logistik makanan jadi kebutuhan prioritas korban banjir, karena warga tidak memungkinkan memasak, termasuk perlengkapan bayi juga menjadi kebutuhan mendesak," ujarnya.
 
Ia mengemukakan diupayakan secepatnya dibuka dapur umum untuk melayani kebutuhan dasar masyarakat terdampak. Adapun tanggung jawab dapur umum melekat pada Dinas Sosial (Dinsos).
 
Dilaporkan dari tiga korban dalam peristiwa bencana hidrometeorologi tersebut, dua diantaranya ditemukan selamat setelah dilakukan pencarian oleh tim SAR gabungan dan satu korban jiwa.
 
"Dapur umum akan dibuka di Desa Sibalago dan Desa Sienjo guna merespon kebutuhan dasar masyarakat," ucap Amirudin.
 
Peristiwa banjir yang menerjang dua desa di Kecamatan Toribulu terjadi Minggu (23/6) pagi sekitar pukul 04:30 Wita sebagai dampak hujan yang mengguyur wilayah tersebut sejak dinihari, sehingga memicu luapan Sungai Toribulu hingga menggenangi pemukiman warga disertai material lumpur dan potongan kayu.
 
Selain Desa Sienjo dan Desa Sibalago, banjir juga terjadi di desa Tindaki dan Desa Tanalanto, Kecamatan Parigi Selatan, pada Sabtu (22/6) malam dipicu hujan lebat.
 
"Kami mengimbau masyarakat tetap waspada dampak hujan, khususnya warga yang bermukim di sekitar lereng gunung maupun bantaran sungai, karena Parigi Moutong salah satu daerah di Sulteng yang rawan bencana hidrometeorologi," katanya.