Kemenag Kabupaten Tojo Una-Una dan FKUB memperkuat moderasi beragama

id Kemenag Tojo Una-una ,FKUB,Penguatan moderasi beragama ,Moderasi beragama ,Tojo Una-una ,Sulawesi Tengah

Kemenag Kabupaten Tojo Una-Una dan FKUB memperkuat moderasi beragama

Kemenag Kabupaten Tojo Una-Una dan FKUB melaksanakan diskusi kelompok terpumpun dalam rangka penguatan moderasi beragama di Tojo Una-Una, Sulteng, Sabtu (3/8/2024). (ANTARA/HO-Humas Kanwil Kemenag Sulteng)

Tojo Una-una, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tojo Una-Una dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) setempat melakukan sinergisitas untuk memperkuat moderasi beragama masyarakat di daerah ini.
 
Kepala Kemenag Tojo Una-Una Muh Syahruddin di Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Sabtu, mengatakan pihaknya bersama FKUB Tojo Una-Una menyelenggarakan diskusi kelompok terpumpun lintas sektoral dalam rangka inovasi penguatan moderasi beragama.
 
"Moderasi beragama adalah cara pandang sikap dan praktik beragama dalam kehidupan bersama guna melindungi martabat kemanusiaan dan membangun kemaslahatan umum," katanya.
 
Ia mengatakan penguatan moderasi beragama tentu tidak bisa dilakukan hanya oleh salah satu pihak.

Oleh karena itu, kata dia, kerja sama semua kalangan penting dilakukan untuk optimalisasi moderasi beragama, khususnya di Tojo Una-Una, salah satunya melalui diskusi tersebut.
 
Menurut dia, forum diskusi ini sebagai upaya menjaga kerukunan intern dan antarumat beragama serta meningkatkan kerukunan antarumat beragama di daerah ini.
 
"Pemahaman agama tentang moderasi beragama sangat penting dilakukan. Mari kita bersama-sama menjalankan dan mengimplementasikan moderasi beragama di kehidupan sehari-hari," ujarnya.
 
Ketua FKUB Kabupaten Tojo Una-Una Syaiful Bahri Laborahima mengatakan forum diskusi tersebut untuk menyamakan persepsi terkait dengan pemahaman sikap dan praktik beragama dalam konteks kebangsaan.

"Selain itu, untuk menyamakan persepsi tentang langkah-langkah yang diperlukan dalam menjaga kondusivitas Kabupaten Tojo Una-Una," katanya.
 
Ia berharap, forum ini dapat memberikan inovasi dalam penguatan moderasi beragama tingkat Kabupaten Tojo Una Una, yang melibatkan organisasi perangkat daerah (OPD) serta pemuka seluruh umat beragama.
 
Selain itu, kata dia, melalui forum ini diharapkan menghasilkan kesepakatan langkah-langkah edukasi bagi masyarakat dalam menghadapi persoalan keagamaan sehingga program moderasi beragama di Kabupaten Tojo Una-Una dapat optimal.