Pemkab Buol kembangkan perpustakaan guna tingkatkan minat baca masyarakat

id Sulawesi Tengah ,Kabupaten Buol,Perpustakaan ,Minat baca

Pemkab Buol kembangkan perpustakaan guna tingkatkan minat baca masyarakat

Pemkab Buol Sulawesi Tengah mengembangkan perpustakaan umum di daerah itu untuk meningkatkan minat baca masyarakat. (ANTARA/HO-DISKOMINFO BUOL)

Buol (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buol Sulawesi Tengah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah setempat meningkatkan pengembangan perpustakaan umum di daerah itu guna meningkatkan minat baca anak-anak dan masyarakat.
 


Asisten Administrasi Umum Pemkab Buol Lani Irawati di Buol, Kamis, mengatakan pihaknya melakukan inovasi-inovasi untuk meningkatkan minat baca masyarakat di daerah itu.


 


"Tentunya ini dapat menjadi momentum meningkatkan minat baca masyarakat Buol serta akses yang luas terhadap informasi akan membuka cakrawala berpikir dan mendorong kemajuan daerah," kata Lani.


 


Ia mengemukakan setiap perpustakaan daerah wajib mendapatkan akreditasi perpustakaan.


 


"Penting adanya Standar Nasional Perpustakaan sehingga kualitas layanan perpustakaan akan terjamin termasuk akreditasi juga akan meningkatkan reputasi perpustakaan ditengah masyarakat," ucapnya.


 


Sementara itu Kepala Bidang Perpustakaan Daerah Kabupaten Buol Nurhidayah M. Batalipu mengatakan pertemuan ini untuk mendorong terbentuknya perpustakaan atau pojok baca di setiap desa, kelurahan, dan OPD.


 


"Kami ingin menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga dengan adanya fasilitas baca yang mudah diakses minat baca masyarakat akan semakin meningkat," ujarnya.


 


Kata dia, langkah awal meningkatkan minat baca yaitu menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat serta membuka perpustakaan keliling di daerah itu.


 


"Ini upaya untuk meningkatkan budaya literasi di Kabupaten Buol diharapkan sosialisasi ini dapat menjadi pemicu bagi seluruh pihak untuk terus berupaya menjadikan Buol sebagai kabupaten yang gemar membaca dan berbudaya literasi," tuturnya.