Pemkab Banggai anggarkan Rp18 miliar untuk bangun Mess di Palu

id mess,pemkab,banggai,palu,PUPR

Pemkab Banggai anggarkan Rp18 miliar untuk bangun Mess di Palu

Desain Mess Pemkab Banggai yang direncanakan bakal dibangun di Kota Palu pada tahun 2025 dengan anggara Rp18 miliar. Rencana ini telah diumumkan pemerintah setempat melalui seminar akhir pada Selasa, 22 Agustus 2024. (ANTARA/ HO- PUPR Banggai)

Banggai (ANTARA) - Dinas PUPR Banggai bakal membangun Mess Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai yang ada di Kota Palu pada tahun 2025. Rencana pembangunan Mess Pemkab Banggai sudah mulai diseminarkan dan direncanakan bakal megah dengan konstruksi 4 lantai, termasuk rooftop.

Seminar akhir dalam rangka pematangan rencana itu telah dilaksanakan di Hotel Swissbelinn Luwuk, Kamis 22 Agustus 2024. Seminar akhir yang merupakan lanjutan dari seminar pendahuluan ini turut dihadiri kepala bagian umum Setda Banggai, Yudhi Sudarta dan Kepala Bidang Aset DPPKAD Banggai.

Kepala Bidang Penataan Bangunan dan Infrastruktur Permukiman (PBIP) Dinas PUPR Banggai, Ir I Putu Jati Arsana, mengatakan, kegiatan ini merupakan seminar kedua atau seminar akhir dari perencanaan pembangunan mess Pemda Banggai di Palu. Jati, mengatakan, dalam seminar pendahuluan konsultan telah memaparkan konsep dan desain bangunan yang direncanakan.

Pada seminar pendahuluan itu, Bagian Umum Setda Banggai dan Bidang Aset DPKAD telah memberikan masukan yang kemudian oleh konsultan dilakukan pembaharuan konsep, yang mencakup fasad atau tampilan, bentuk, kebutuhan ruang, dan tata ruang.

“Semua ini dipaparkan dalam seminar pendahuluan, setelah adanya masukan-masukan dari Bagian Umum Setda Banggai, seperti letak dari kamar kamar VIP dan lainnya, konsep yang telah disempurnakan atau diperbaharui kembali itu dipresentasikan dalam seminar akhir hari ini,” terangnya ditemui di Swissbelinn Luwuk, Kamis 22 Agustus 2024. 

Ia menyatakan, desain perencanaan mess Pemkab Banggai tersebut kini telah disetujui oleh Kabag Umum Setda Banggai. Jati juga menyatakan lokal wisdom untuk bangunan mess Pemda Banggai di Palu yang telah direncanakan terletak pada fasad atau instrumen dan tampilan bagian luar dengan menampilkan burung maleo yang menjadi satwa kebanggaan Kabupaten Banggai. 

Sementara bentuknya mengadopsi bangunan-bangunan modern yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Jati Arsana, mengatakan, dalam rencana Mess Pemkab Banggai di Palu akan dibangun dengan konstruksi 4 lantai dengan jumlah kamar sebanyak 43 kamar. Tiga di antaranya kamar VIP yang tersebar di lantai dua dan tiga.

Bangunan Mess Pemkab Banggai direncanakan dibangun dengan ukuran bangunan 50,24 meter X 14,50 meter. Sementara itu, Konsultan Arsitektur Perencanaan Mess Pemkab Banggai Arsitektur, Ar. Mohammad Khomeini, IAI, mengatakan, Mess Pemkab Banggai di Palu akan dibangun dengan konsep modern.

Ini artinya desain bangunan akan dibangun interior yang paten dan dapat digunakan dalam waktu lama serta mengikuti tren atau perkembangan zaman. Sekadar diketahui, ada sebanyak delapan paket di PUPR Banggai yang ditetapkan sebagai paket strategis daerah.

Enam di antaranya terdapat di bidang PBIP, termasuk salah satunya adalah perencanaan Mess Pemkab Banggai dengan pagu anggaran Rp 600 juta. Kegiatan ini dilaksanakan dengan nilai kontrak, Rp 570 juta. Dalam rencana, Mess Pemda Banggai di Palu akan dibangun tahun 2025 dengan estimasi biaya sekitar Rp 18 miliar.