Polda-Sulteng kerahkan 391 personel amankan pendaftaran pasangan calon

id Polda Sulteng ,Pengamanan pilkada ,Tahapan pendaftaran Paslon pilkada ,Pilkada 2024,Sulteng

Polda-Sulteng kerahkan 391 personel amankan pendaftaran pasangan calon

Personel Polda Sulteng mengikuti apel siaga Operasi Mantap Praja Tinombala di Palu, Sabtu (24/8/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengerahkan 391 personel dalam rangka pengamanan tahapan pendaftaran dan penetapan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
"Hari ini Operasi Mantap Praja Tinombala 2024 dalam rangka pengamanan pilkada 2024 telah dimulai," kata Kepala Operasi (Kaops) Mantap Praja Tinombala Polda Sulteng Kombes Pol. Yohanes Afri Budi Slamet Riyadi di Palu, Sabtu.
 
Ia mengatakan Polda Sulteng telah melaksanakan apel siaga sebagai tanda dimulainya Operasi Mantap Praja Tinombala 2024, dalam menghadapi tahap pendaftaran dan penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng pada 27-29 Agustus 2024.
 
Kepada personel kepolisian, ia menekankan pentingnya untuk melaksanakan tugas dengan mengedepankan kegiatan preventif dan preemtif, serta mendapatkan dukungan satuan tugas (satgas) lainnya.


 
Ia mengatakan terdapat dekapan satgas dalam Operasi Mantap Praja Tinombala 2024, yakni satgas preemtif, satgas preventif, satgas kamseltibcarlantas, satgas tindak, satgas Gakkum, satgas pengamanan Cagub dan Cawagub, satgas humas, dan satgas Banops.
 
"Tugas kita yang utama adalah untuk menciptakan situasi keamanan dan ketertiban (kamtibmas) masyarakat tetap dalam kondisi aman dan kondusif," katanya.
 
Untuk itu, dia menekankan kepada personel agar memahami dengan baik yang menjadi tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam satuan tugas.
 
Ia juga meminta dukungan dan kerja sama semua pihak atau stakeholder terkait dalam menjaga situasi kamtibmas di Provinsi Sulteng sehingga tahapan Pilkada dapat berlangsung aman, damai dan kondusif.