Polda cek kesiapan pengamanan KPU Sulteng hadapi tahapan pendaftaran

id Polda Sulteng ,Pengamanan KPU,Operasi Mantap Praja Tinombala ,Sulawesi Tengah ,Pilkada 2024

Polda cek kesiapan pengamanan KPU Sulteng hadapi tahapan pendaftaran

Polda Sulteng melakukan persiapan pengamanan di Kantor KPU Sulteng, di Kota Palu, Minggu (25/8/2024). (ANTARA/HO-Humas Polda Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tengah (Sulteng) mengecek kesiapan pengamanan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menghadapi tahapan pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.
 


"Pemeriksaan personel pengamanan dilakukan untuk memastikan anggota kepolisian yang bertugas di KPU benar-benar sudah melaksanakan tugas sesuai tugas pokok fungsi dalam pelaksanaan Operasi Mantap Praja Tinombala 2024," kata Wakil Kepala Operasi (Wakaops) Operasi Mantap Praja (OMP) Tinombala 2024 Polda Sulteng Kombes Pol. Muhammad Yudie Sulistiyo di Palu, Minggu.


 


Ia mengatakan pemeriksaan pengamanan dilakukan sebagai bagian dari upaya memastikan kelancaran dan keamanan proses pendaftaran calon kepada daerah yang dijadwalkan pada 27-29 Agustus 2024.


 


Pada kesempatan itu, pihaknya mengecek berbagai aspek kesiapan pengamanan, mulai dari prosedur pengamanan fisik, sistem kontrol akses, hingga kesiapan personel yang akan bertugas selama masa pendaftaran.


 


Dia juga menekankan kepada para personel Polda Sulteng agar tetap melakukan koordinasi dengan pihak KPU dan pihak terkait lainnya.


 


"Seluruh personel yang terlibat agar tetap waspada dan siap menghadapi segala kemungkinan, termasuk potensi gangguan keamanan yang bisa muncul selama proses pendaftaran dan penetapan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur," katanya.


 


Sementara itu, Ketua KPU Sulawesi Tengah Risvirenol memberikan apresiasi atas langkah proaktif dari kepolisian dalam memastikan keamanan di KPU. 


 


“Kerja sama yang baik antara KPU dan pihak kepolisian sangat penting untuk menjaga proses demokrasi yang berjalan lancar." ucapnya


 


Pihaknya mengaku tenang dengan adanya dukungan pengamanan yang maksimal dari Polda Sulawesi Tengah.