Forum TJSLBU Kota Palu salurkan bantuan dunia usaha untuk warga

id Pemkot Palu, Dana Tanggung Jawab Sosial, Forum CSR, Bantuan Masyarakat

Forum TJSLBU Kota Palu salurkan bantuan dunia usaha untuk warga

Ketua Forum tanggung jawab sosial dan lingkungan badan usaha (TJSLBU) Kota Palu Kassa A Karman (ANTARA/Fauzi Lamboka)

Palu (ANTARA) - Forum tanggung jawab sosial dan lingkungan badan usaha (TJSLBU) Kota Palu, menyalurkan bantuan dari dunia usaha untuk warga di daerah tersebut.

"Bantuan yang disalurkan yakni pencegahan stunting, pendidikan, rumah ibadah serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)," kata Ketua Forum TJSLBU Kota Palu Kassa A Karman di Palu, Senin.

Dia menjelaskan, forum itu diinisiasi oleh pemerintah Kota Palu sebagai wadah kolaborasi pemerintah dan dunia usaha. Forum itu merupakan wadah corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial dan lingkungan, yang bekerja dengan landasan hukum Peraturan Wali Kota Palu.

Lanjut dia, dari 200-an perusahaan yang terdata di Pemkot Palu, baru delapan perusahaan yang ikut menyalurkan dana CSR melalu forum TJSLBU. Namun kata dia, hal itu tidak menjadi hambatan dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat.

"Kami tidak mau menunggu terkumpul banyak, baru disalurkan," ujarnya.

Kassa berharap forum itu dapat mengakomodir kepentingan semua pihak, termasuk perusahaan yang mau menyalurkan CSR, pemerintah dan masyarakat penerima manfaat.

"Perusahaan bisa menyalurkan secara terstruktur, pemerintah bisa mengetahui perusahaan sudah menyerahkan bantuannya dan masyarakat mengetahui perusahaan di sekitar tempat tinggalnya sudah memberikan bantuan CSR," katanya menegaskan.

Sementara itu, Wali Kota Palu Hadianto Rasyid mengapresiasi kerja forum TJSLBLU yang mulai menyalurkan bantuan sosial ke masyarakat.

"Bantuan yang diberikan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kota Palu," ujarnya.

Dia berpesan, agar forum tersebut dapat berjalan dengan baik dan membuat agenda pertemuan dengan rutin.