Pembangunan Kantor Tiga Pilar di Poso Terus Dikembangkan

id Tiga Pilar

Pembangunan Kantor Tiga Pilar di Poso Terus Dikembangkan

Tiga pilar yakni TNI, Kepolisian dan Kepala Desa mengabadikan kegiatan peletakan batu pertama pembangunan kantor tiga pilar di Desa Trymulia, Poso Pesisir Utara. Pembangunan ini murni swadaya TNI. (Antarasulteng/Fery Timparosa)

“Kami akan terus membangun kantor ini ke desa-desa, untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan pertolongan,”
Poso (antarasulteng.com) – Pembangunan kantor tiga pilar (TNI, Babinkamtibmas dan Kepala Desa) di Kabupaten Poso terus dikembangkan ke desa-desa yang terkendala dari berbagai akses.

Belum lama ini kantor tersebut telah dibangun Kodim 1307 Poso di Desa Tokorondo dan Desa Trimulya, Kecamatan Poso Pesisir yang dihadiri Danrem 132 Tadulako, Kolonel Inf Muhammad Saleh Mustafa.

“Kami akan terus membangun kantor ini ke desa-desa, untuk membantu masyarakat yang sangat membutuhkan pertolongan,” kata Dandim 1307 Poso, Letkol Dody Tri Hadi, di Poso, Rabu.

Menurut Dody, pembangunan kantor tersebut menggunakan anggaran murni dari swadaya Kodim 1307 Poso, untuk membantu masyarakat yang desanya jauh dari Koramil atau keramaian. 

Selain itu pembangunan kantor itu merupakan sala satu instruksi Pangdam XIII Merdeka, untuk menyukseskan program Nawacita Presiden Jokowi, yang membangun masyarakat hingga ke pinggiran desa.

Pembangunan kantor tiga pilar yang merupakan perdana program di Poso itu, menurutnya hanya untuk dibangun di wilayah desa yang dianggap jauh dari Koramil untuk membantu masyarakat dalam bidang keamanan, kenyamanan dan mempercepat informasi. 

Meski demikian pembangunan kantor tiga pilar yang dananya bersumber dari swadaya murni, Dody  berharap tahun 2018 kiranya Pemerintahan Daerah Poso dapat membantu untuk memasukan anggaran di APBD.

Kantor tiga pilar merupakan kantor bersama unsur TNI yakni Babinsa, Babinkamtibmas oleh Kapolmas dan kepala desa. Tujuannya agar pengaduan warga secepatnya diterima dan direspons cepat oleh tiga unsur yang melakukan penjagaan.***