Jalan trans Sulawesi mulus, warga Touna apresiasi Pemerintah

id Trans Sulawesi,ampana,jalan

Jalan trans Sulawesi mulus, warga Touna apresiasi Pemerintah

Salah satu ruas jalan trans Sulawesi yang mulus di Kabupaten Tojo Unauna. (Antaranews Sulteng/Sulapto Sali)

Mulusnya jalan mempermudah aktivitas ekonomi masyarakat
Ampana (Antaranews Sulteng) - Saat ini banyak ruas jalan trans Sulawesi di Sulawesi Tengah yang sudah diperbaiki oleh Pemerintah pusat dan pemerintah daerah, baik yang diperlebar maupun diaspal, sehingga kelihatan mulus dan nyaman dilalui pengendara kendaraan bermotor maupun sepeda dan jalan kaki.
Seperti yang terlihat pada poros Poso-Ampana, ruas-ruas jalan kini tampak mulus dan lebar.

Atas banyaknya perbaikan jalan, warga masyarakat dari wilayah Kecamatan Ampana Tete, Kabupaten Tojo Unauna (Touna), Abdulah (45) sangat mengapresiasi peningkatan jalan Trans Sulawesi yang dilakukan oleh pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah Kabupaten Touna.

Selama ini, ucap Abdullah, ada bagian jalan Trans Sulawesi yang sulit dilalui, dan tidak sedikit menyebabkan kecelakaan, karena jalannya sempit dan berlubang-lubang.

Namun saat ini, katanya, sudah banyak jalan di wilayah Kabupaten Touna, baik masuk dalam desa, kota, bahkan jalan Trans Sulawesi yang diperbaiki dan diperlebar oleh Pemerintah Pusat, Provinsi maupun pemerintah daerah, sehingga benar-benar layak dan aman untuk dilalui dengan kendaraan bermotor.

"Kita apresiasi perhatian pemerintah dalam memperbaiki prasarana umum seperti jalan ini. Khusus di wilayah Kecamatan Ampana Tete saja ada banyak jalan yang sudah diperbaiki, sehingga sangat enak dipandang dan nyaman dilalui," katanya, Sabtu.

"Dulu, di daerah Desa Balinggara, perbatasan dengan Kabupaten Banggai, banyak sekali jalan yang rusak. Sekarang, jalannya sudah bagus. Jalan yang berbukit dan sempit sudah dilebarkan, sehingga aman dan nyaman dilalui," tambahnya.


Hal yang sama juga disampaikan Agus (40), warga Marowo, Kecamatan Ulubongka, bahwa perbaikan jalan ini membuat waktu tempuh semakin singkat dan dari apske ekonomi ini sangat menguntungkan masyarakat.

"Dengan jalan yang sudah diperbaiki saat ini, sangat mempermudah aktivitas masyarakat. Saya yakin akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, khususnya Kabupaten Touna," ujarnya.

Jalur jalan trans Sulawesi dari Kota Palu, Parigi, Poso, Ampana sepanjang hampir 500 kilometer mendapat penanganan intensif pada 2017 untuk kepentingan lomba balap sepeda internasional Tour de Central Celebes (TdCC), sehingga jalan raya di sini tidak ada yang berlubang.

Pada 2018 ini, TdCC akan dimulai di Kabupaten Banggai, sehingga diharapkan sebelum Oktober 2018, Trans Sulawesi poros Palu-Parigi-Poso-Ampana dan Luwuk sepanjang 650-an kilometer akan mulus tanpa lubang sama sekali.