Pemkab Poso segera buka penerbangan Poso-Toraja

id pesawat

Pemkab Poso segera buka penerbangan Poso-Toraja

Pesawat Wings Air (antaranews.com)

...penambahan rute baru Poso-Toraja itu dibuka setelah memperhatikan beberapa aspek.
Poso,  (Antaranews Sulteng) - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, akan menambahkan jalur penerbangan melalui Bandara Kasiguncu dengan rute baru yakni Poso-Toraja pergi pulang.

Selama ini penerbangan dari dan ke Poso hanya melayani Poso-Makassar pergi pulang.

Kepala Dinas Perhubungan Poso, Okto Lembang di Poso, Rabu, mengatakan penambahan rute baru Poso-Toraja itu dibuka setelah memperhatikan beberapa aspek.

"Dari apek jumlah warga Toraja yang mendiami Kabupaten Poso dan dari segi penumpang yang melalui transportasi darat Poso-Toraja mencapai hampir 100 orang per hari menuju Kabupaten Toraja," katanya.

Sementara jika melalui darat kata dia, Poso-Toraja dapat ditempuh 14 hingga 15 jam.

"Nah pembandingan ini yang membuat Pemerintah Kabupaten Poso akan segera membuka rute baru jalur Poso-Toraja pergi pulang," kata Okto.

Menurut Okto, penambahan rute Poso -Toraja itu telah dirapatkan di internal Pemerintah Kabupaten Poso belum lama ini bersama pemerintah provinsi, pemerintah Kabupaten Toraja dan pihak bandara.

Dalam rapat itu, pihak Perhubungan Poso telah mengusulkan selain rute baru Toraja-Poso juga rute Poso-Gorontalo dan Poso-Manado pergi pulang.

Rute yang terlayani selama ini yakni Poso-Makassar pergi pulang dengan menggunakan pesawat Wings Jenis ATR 72.

Selain itu, pihak perhubungan juga telah mengusulkan penambahan beberapa pesawat yang berkapasitas 54 penumpang, seperti jenis Expres Air, Susy Air dan Avia Star.

Okto mengatakan Dinas Perhubungan Poso pada 2018 juga akan mengembangkan Bandara Kasiguncu baik dari berbagai sisi termasuk fasilitas dengan dukungan dana dari APBN senilai Rp36 miliar.

"Tahun ini juga akan dibangun mercusuar di Pulau Lalanga Kecamatan Poso Kota, dan kantor radio pantau yang di buat di daerah Kelurahan Madale, Kecamatan Poso Kota Utara," katanya.