Ketemu Presiden, Bupati Banggai lapor siap laksanakan Hari Nusantara 2018

id Banggai Bupati Banggai,Herwin Yatim

Ketemu Presiden, Bupati Banggai lapor siap laksanakan Hari Nusantara 2018

Bupati Banggai Herwin Yatim (kiri) bertemu Presiden Joko Widodo di Jakarta, Senin (12/11) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Banggai)

Luwuk (Antaranews Sulteng) - Bupati Banggai Ir. H. Herwin Yatim menyampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo soal kesiapan Kabupaten Banggai dalam melaksanakan peringatan Hari Nusantara tahun 2018.

Kepada Presiden Jokowi, Bupati Herwin menyampaikan bahwa Kabupaten Banggai sudah sangat siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Nusantara yang akan dilaksanakan pada 13 Desember 2018. 

Bupati Herwin juga menyampaikan perayaan Hari Nusantara di Kabupaten Banggai juga bisa menjadi momentum potensial karena bisa dirangkaikan dengan peresmian Bandara Syukuran Aminuddin Amir Luwuk dan PT. Panca Amarah Utama (PAU).

Tak hanya itu, bupati juga menyatakan bahwa pada kegiatan itu juga bisa dilaksanakan penyerahan sertifikat gratis, kartu petani dan kartu nelayan sejahtera yang tengah digalakkan pemerintah daerah Kabupaten Banggai.

Sebelumnya di Bukit Keles, Kota Luwuk, Bupati Herwin juga sudah memaparkan bagaimana kesiapan daerah dari transportasi dan akomodasi yang akan disiapkan pemerintah daerah. Perwakilan panitia dari kementerian terkait juga sudah menyampaikan bahwa kesiapan Kabupaten Banggai sangat baik dan akan diajukan sebagai calon tuan rumah pelaksanaan Hari Nusantara 2018.

Bupati Herwin berangkat ke Jakarta dalam rangka menghadiri pertemuan Asosiasi Pemerintahan Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Pertemuan tersebut beragendakan pembahasan beberapa poin penting, seperti masalah penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan passing grade yang cukup tinggi. Para bupati memberikan saran untuk menurunkan standar passing grade. 

Kemudian, masalah pelayanan investasi yang ramah dimana presiden mengingatkan agar pemerintah daerah bisa membuka diri terhadap investasi.

Para kepala daerah juga menyampaikan masalah PNS yang diberhentikan agar dilakukan pembinaan terlebih dahulu di daerah.

Hingga masalah perizinan berusaha online single submission (OSS). Perizinan langsung dari pusat agar tetap memerhatikan kondisi lokal wilayah yang ada di daerah.

Menanggapi usulan itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan akan mempertimbangkan kembali usulan dari sejumlah kepala daerah tersebut.

Ia juga berpesan agar daerah dapat membuka diri terhadap investasi yang masuk ke daerah. Presiden juga menekankan agar kepala daerah bisa bersinergi dengan DPRD setempat dalam merumuskan pembangunan daerah. (Humas Pemda Banggai)
 
Bupati Banggai Herwin Yatim duduk berdampingan Presiden Jokowi yang memimpin rapat dengan sejumlah bupati di Jakarta, Senin (12/11) (Antaranews Sulteng/Humas Pemda Banggai)