Tompi : komentar Fahri Hamzah soal kelelahan tak bergizi

id Kelelahan, fahri hamzah, tompi,kpps lelah, kelelahan tugas, komentar tompi, komentar fahri hamzah

Tompi : komentar Fahri Hamzah soal kelelahan tak bergizi

Penyanyi yang juga dokter bedah estetika Teuku Adifitrian atau Tompi (kanan) duduk bersama dengan Akademisi Rocky Gerung (kiri) sebelum memberikan kesaksian dalam sidang kasus dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dengan terdakwa Ratna Sarumpaet di PN Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (23/4/2019. Tompi dan Rocky Gerung menjadi saksi fakta yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum atas dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks yang dilakukan Ratna Sarumpaet. ANTARA FOTO/Reno Esnir/pras.

Jakarta (ANTARA) - Penyanyi Tompi yang juga berprofesi sebagai dokter angkat bicara menyoal cuitan politisi Fahri Hamzah yang menolak anggapan kelelahan bisa menyebabkan kematian.

Melalui akun Twitter-nya pada Minggu, penyanyi bernama lengkap Teuku Adifitrian itu menyebut komentar Fahri "tidak bergizi".

Pria kelahiran Lhokseumawe itu  menyarankan Wakil Ketua DPR RI itu berdiskusi dengan istrinya, Farida Briani yang berprofesi sebagai dokter.

Sebelumnya sekitar pukul 07.01 WIB lewat akun Twitternya, Fahri menyanggah kelelahan bisa menyebabkan seseorang meninggal dunia.

Dia mengatakan pekerja paksa zaman Jepang dan korban perbudakan baru meregang nyawa setelah menerima penyiksaan.

Mantan politikus Partai Keadilan Sejahtera itu membandingkan dirinya yang beberapa waktu lalu kelelahan usai mengadakan hajatan dan kembali sehat.
 

Sebelumnya, pakar kesehatan dari Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (RSCM)  Ari Fahrial Syam mengatakan kelelahan seperti dialami para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilu 2019 tidak dapat disepelekan.

Dokter spesialis penyakit dalam itu mengatakan kelelahan bisa berbahaya karena memicu kambuh berbagai penyakit kronis dan menurunkan daya tahan tubuh.

Selain itu, kelelahan juga menyebabkan proses metabolisme dan hormonal terganggu, serta masalah pada sistem pencernaan, sistem jantung, dan pembuluh darah termasuk pembuluh darah otak.

Kelelahan juga berdampak pada penurunan daya tahan tubuh, sehingga tubuh mudah terinfeksi virus seperti flu, hepatitis, dan demam berdarah.