Petani Kulawi Selatan dan Pipikoro dapat alsintan dari Pemkab Sigi

id petani sigi,alsintan,bupati sigi,pemkab sigi

Petani Kulawi Selatan dan Pipikoro dapat alsintan dari Pemkab Sigi

Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta foto bersama dengan petani dari berbagai kelompok tani usia menyerahkan bantuan alat mesin pertanian, di Desa Tompi Bugis, Kecamatan Kulawi Selatan, Sigi, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji/HO/Humas Pemkab Sigi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Petani di dua kecamatan di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, mendapat bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), dari pemerintah kabupaten setempat, Rabu (30/10), untuk mendongkrak target pencapaian upaya khusus (upsus) padi, jagung dan kedelai (Pajale).

Bantuan alsintan untuk dua kencamatan, yakni Kecamatan Kulawi Selatan dan Pipikoro  itu berupa delapan unit handtraktor dan satu unit mesin pemipil jagung dan bantuan benih jagung untuk setiap kelompok tani, yang diserahkan oleh Bupato Sigi, Mohammad Irwan Lapatta di Lapangan Sepak Bola Desa Tompi Bugis Kecamatan Kulawi Selatan, Rabu.
 
Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta foto bersama dengan petani dari berbagai kelompok tani usia menyerahkan bantuan alat mesin pertanian, di Desa Tompi Bugis, Kecamatan Kulawi Selatan, Sigi, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji/HO/Humas Pemkab Sigi)


“Penyerahan alsintan ini untuk mendukung upaya khusus pencapaian padi, jagung dan kedelai (Pajale) di Kabupaten Sigi,” ucap Mohammad Irwan Lapatta.

Bupati Sigi juga menyerahkan, peralatan memasak untuk kelompok wanita tani yang mengolah hasil pertanian mendukung kegiatan UMKM.

Baca juga: Bupati beri Alsintan untuk petani dua kecamatan di Sigi

Irwan Lapatta mengemukakan, bantuan alsintan dan bantuan alat masak untuk kelompok wanita tani, merupakan bentuk keberpihakan Pemerintah Kabupaten Sigi, kepada masyarakat khususnya petani.

“Bantuan ini merupakan bukti nyata keberpihakan pemerintah kepada petani sangat besar, sekaligus sebagai upaya untuk mendukung kelancaran pengolahan tanah hingga produksi pertanian dapat ditingkatkan secara berkelanjutan,” ujar dia.

Ia menyebut, bantuan alsintan merupakan bagian dari 10 program inovasi Pemkab Sigi, yakni pembagian handtraktor secara gratis. Pengadaan handtraktor setiap tahunnya sebanyak 150 unit dan hal itu telah diwujudkan Pemkab Sigi.

“Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sesuai peruntukan, dan digunakan sebagaimana mestinya,” katanya.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Sigi, Mulyadi mengatakan bantuan alsintan sebagai bentuk keseriusan Pemkab Sigi dalam menunjang program nasional upsus pajala.

“Setelah bantuan ini diserahkan kepada masing-masing kelompok tani, diharapkan dapat dipelihara dan dikembang dengan baik sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Baca juga: Perempuan penyintas bencana di Sigi dilatih bidang pertanian
Baca juga: Pemkab Sigi bantu alsintan kelompok tani dua kecamatan produsen pangan



 
Bupati Sigi, Mohammad Irwan Lapatta menyampaikan sambutan pada penyerahan bantuan alat mesin pertanian kepada petani, di Desa Tompi Bugis, Kecamatan Kulawi Selatan, Sigi, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji/HO/Humas Pemkab Sigi)