Poso paling banyak miliki Puskesmas terakreditasi di Sulteng

id Poso,puskesmas

Poso paling banyak miliki Puskesmas terakreditasi di Sulteng

Bupati Poso Darmin Agustinus Sigilipu (kiri) menyerahkan sertifikat akreditasi kepada salah satu Puskesmas di Poso, Selasa (17/12) (ANTARA/HO-Humas Pemda Poso)

Poso (ANTARA) - Kabupaten Poso merupakan daerah yang paling banyak memiliki puskesmas terakreditasi se-Provinsi Sulawesi Tengah dan berhasil mendapatkan nilai tertinggi dengan predikat akreditasi utama.

Hal ini diungkapkan Bupati Poso Kolonel Marinir (Purn) Darmin Agustinus Sigilipu saat tatap muka dengan para Kepala Puskesmas se-Kabupaten Poso bersama Kepala Dinas Kesehatan dr. Taufan Karwur dan para pendamping dari Dinas Kesehatan, di Ruang Pogombo Kantor Bupati Poso, Selasa (17/12).

Penghargaan yang diberikan oleh Direksi Mutu dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia ini juga didasarkan pada perolehan standar akreditasi terbanyak yang diraih Kabupaten Poso dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan dengan mengikutsertakan 23 Puskesmas dalam program akreditasi.

Salah satunya mendapatkan nilai tertinggi yakni Puskesmas Gintu, Kecamatan Lore Selatan, dengan predikat akreditasi utama dengan beberapa elemen penilaian yang sudah mencapai nilai 90 persen dan lima puskesmas lainnya yang juga mendapatkan akreditasi utama yakni Puskesmas Sulewana, Tambarana, Mayoa, Doda dan Maholo.

Atas kerja bersama serta dorongan motivasi yang diberikan Bupati Darmin bersama Wabup Samsuri, Kabupaten Poso juga menerima penghargaan atas Gerakan Penurunan Prevalensi Sistosomiasis melalui Inovasi GEMA BERAKSI atau Gerakan Masyarakat Berantas Keong Schistosomiasis.

Dalam keseriusan Pemerintahan Darmin-Samsuri meningkatkan mutu pelayanan kesehatan, penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Poso khususnya di bidang kesehatan ini merupakan wujud komitmen serta tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam melakukan pelayanan kemasyarakatan. Tak hanya sampai pada proses akreditasi saja, pendampingan terus dilakukan oleh Bupati Darmin terbukti setelah penerimaan penghargaan tersebut, bupati mengumpulkan semua Kepala Puskesmas bersama para pendamping agar melakukan evaluasi dari hasil yang telah diperoleh.

Gaya kerja Bupati Darmin yang lebih sering turun ke lapangan melakukan koordinasi serta evaluasi dengan perangkat-perangkat kerjanya selalu diterapkan dalam roda pemerintahannya guna mengontrol jalannya pelayanan yang diberikan.

Pada pertemuan tersebut juga selain Bupati Darmin memberikan penghargaan kepada puskesmas-puskesmas di Kabupaten Poso, juga membahas tentang sejumlah kebutuhan setiap puskesmas, mulai dari tenaga medis, tenaga kontrak, sampai pada pembangunan sarana kebutuhan lainnya, sehingga dari hasil pertemuan tersebut mendapatkan jawaban dari semua pertanyaan yang ada dari para pejuang-pejuang kesehatan di setiap puskesmas wilayah Kabupaten Poso. (Sumber:Humas Pemda Poso)

Pewarta :
Editor : Rolex Malaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar