TNLL Sulteng tutup sementara lokasi wisata Danau Tambing

id tnll

TNLL Sulteng tutup sementara lokasi wisata Danau Tambing

Kawasan objek wisata Danau Tambing di Desa Sedoa Kecamtan Lore Utara Kabupaten Poso. (Antara/Anas Masa)

Palu (ANTARA) - Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu menutup sementara lokasi wisata Danau Tambing di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, sebagai upaya  mengantisipasi penyebaran wabah virus corona  (COVID-19).

Kepala Balai Besar TNLL Jusman di Palu, Jumat, mengatakan untuk sementara selama dua pekan ke depan, objek wisata Danau Tambing yang terletak di Desa Sedoa, Kecamatan Lore Utara itu ditutup bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

"Langkah ini dilakukan semata-mata unruk mengantisipaai penyebaran wabah corona." Ya kita tutup sementara sampai pada waktu yang belum ditentukan, demi kenyamanan dan keamanan kita bersama," kata dia.

Menurut dia, pandemi wabah virus corona yang telah merengut ribuan jiwa di dunia tersebut dampaknya sangat besar di dalam negeri ini.

"Dampaknya terasa pada semua sektor, termasuk sektor pariwisata pada tahun ini dipastikan menurun drastis, baik dari segi jumlah wisatawan yang masuk maupun perolehan devisa negera dan juga tentu pendapatan daerah," ujarnya.

Danau Tambing termasuk salah satu destinasi wisata unggulan dan primadona di Provinsi Sulteng. Setiap tahun banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang berkunjung ke objek wisata itu.

Destinasi wisata Danau Tambing terletak pada ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut dan berjarak sekitar 90an kilometer dari Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng itu

Di lokasi  yang dikenal sebagai "surga burung" ini, para wisatawan dapat mengamati berbagai jenis burung, termasuk satwa endemik, sehingga juga menarik banyak pengunjung untuk tinggal lama, terutama dari kalangan peneliti satwa di kawasan TNLL itu

Bend, seorang warga negara asing (WNA) asal Jerman mengatakan sangat tertarik untuk mengamati berbagai jenis burung yang menarik dan itu hanya ada di Danau Tambing.

"Saya suka dan sudah beberapa kali saya ke Danau Tambing hanya untuk mengamati burung di sini," ujarnya saat dijumpai di lokasi objek wisata itu pada beberapa pekan lalu.

Seorang pengelola obyek wisata Danau Tambing, Asdin mengatakan ada sekitar 270 jenis burung dan  30 persen di antaranya satwa endemik yang menghiasi kawasan TNLL, termasuk objek wisata Danau Tambing.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar