BWS III Sulawesi upayakan penanganan cegah banjir susulan di RSUD Sigi

id RSUD Sigi,Sulteng,banjir

BWS III Sulawesi  upayakan penanganan cegah banjir susulan di RSUD Sigi

Sejumlah petugas Basarnas mengevakuasi pasien dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Torabelo, Kabupaten, Sigi, Sulawesi Tengah, akibat terendam banjir, Kamis (9/07/2020) malam. (FOTO ANTARA/HO-Humas Basarnas Palu)

Sigi, Sulteng (ANTARA) - Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi III Palu, Sulawesi Tengah setelah meninjau langsung lokasi banjir segera melakukan penanganan agar tidak terjadi luapan banjir susulan yang dapat melanda Rumah Sakit Umum Daerah Torabelo (RSUD) Torabelo, Kabupaten Sigi.

"Kita akan membuka jalur air sungai yang baru mulai Jumat (10/7) ini agar lebih terarah dan tidak lagi arahnya menabrak langsung bangunan rumah sakit itu," kata Kepala BWS Sulawesi III Feriyanto Pawenrunsi di Sigi, Jumat.

Feriyanto pada Kamis (9/7) malam meninjau (RSUD) Torabelo Kabupaten Sigi yang dilanda banjir itu.

Ia tidak menjelaskan apa penyebab meluapnya sungai tersebut, kecuali mengatakan hasil survei yang dilakukan BWS aliran sungai tersebut seharusnya melewati jalur yang tidak mengarah ke rumah sakit umum milik Pemerintah Kabupaten Sigi itu.

Sebelumnya, akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Kamis (9/7) mengakibatkan sungai tersebut meluap hingga merendam RSUD Torabelo Sigi.

Akibat peristiwa luapan banjir tersebut, pelayanan RSUD tersebut terhambat, sehingga sejumlah pasien dievakuasi ke ruangan lain di RSUD itu.

Selain itu, ada pasien yang kembali ke rumah masing-masing, serta sebagian lagi dirujuk ke rumah sakit lain di daerah tetangga, yakni di Kota Palu.



 
Salah satu ruang perawatan RSUD Torabelo Kabupaten Sigi, Sulteng yang tergenang banjir pada Kamis (9/7) malam. (FOTO ANTARA/Rangga Musabar)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar