Bupati Sigi temui Doni Monardo bahas pemulihan pascagempa

id Pemkab Sigi,Bupati Sigi,rehab-rekon sigi,bnpb,stimulan tahap II,gempa sigi,pemulihan sigi

Bupati Sigi  temui Doni Monardo bahas pemulihan pascagempa

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyampaikan laporan tentang progres pemulihan daerah Sigi pascaterdampak gempa dan likuefaksi, kepada Kepala BNPB Doni Monardo, di Jakarta, Rabu (19/8). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sigi)

Palu (ANTARA) - Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menemui Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo di Jakarta, Rabu (19/8) untuk membahas percepatan pemulihan daerah terdampak gempa dan likuefaksi serta pemulihan masyarakat dalam kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi.

“Pertemuan itu untuk membahas mengenai progress perkembangan kegiatan pemulihan pascagempa dan kegiatan pemulihan pascabencana banjir dan longsor yang menimpa Sigi,” ucap Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Pemkab Sigi, Ariyanto, dihubungi dari Palu, Kamis.

Kepada Doni Monardo, Mohammad Irwan Lapatta menyampaikan tentang upaya Pemkab Sigi mempercepat pemulihan penyintas gempa dan likuefaksi, lewat skema stimulan.

Ia menjelaskan, daerahnya mendapat bantuan stimulan tahap II untuk rumah rusak berat, sedang dan ringan total sebesar Rp544 miliar.

Penyaluran dana stimulan untuk rumah rusak berat senilai Rp50 Juta, rusak sedang Rp25 Juta dan rusak ringan Rp10 Juta, sebagian besar sudah masuk ke rekening warga penyintas yang berhak menerima, katanya.

Bupati Sigi juga mengakui bahwa penyaluran belum sepenuhnya mencapai target karena ada beberapa kendala antara lain berakhirnya masa tugas Tim Pendamping Percepatan Pembangunan Perumahan (TP4) dan tim pendukung stimulan tahap II.

Kendala lain juga menyangkut data penerima stimulan  tahap II. Dimana masih banyaknya laporan masyarakat terkait dengan daftar nama penerima bantuan tersebut.

Sebelum menemui Doni Monardo, pada tanggal 18 Agustus 2020, Pemkab Sigi telah menggelar rapat untuk membahas hal itu. Pada rapat itu Pemda Sigi mengusulkan untuk dilakukan perubahan RKA terkait dengan adanya perubahan data sesuai hasil usulan maupun verifikasi di lapangan. Pemda juga mengusulkan tambahan waktu untuk proses penyelesaian penyalurannya.

Saat bertemu dengan Doni Monardo,Bupati Sigi juga menyampaikan tentang bagaimana upaya pemerintah daerah mengurangi dampak risiko bencana, khususnya banjir dan tanah longsor yang sering terjadi di wilayah Sigi.

"Bencana yang terjadi tidak bisa diprediksi kapan terjadi, tapi paling tidak ada upaya pengurangan risiko bencana ketika bencana itu terjadi" ungkap Bupati.

Pertemuan antara Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta dengan Kepala BNPB Doni Monardo, berlangsung di Kantor BNPB di Jakarta di mana Bupati Sigi didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Muh Basir, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sigi Iskandar Nongtji dan Kepala Bagian Humas Ariyanto.
 

Bupati Sigi Mohammad Irwan Lapatta menyampaikan laporan tentang progres pemulihan daerah Sigi pascaterdampak gempa dan likuefaksi, kepada Kepala BNPB Doni Monardo, di Jakarta, Rabu (19/8). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Sigi)
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar