Penguji SKB CPNS Kanwil Kemenag Sulteng tandatangani pakta integritas

id Kemenag Sulteng, tes SKB, CPNS Kemenag,Rusman langke

Penguji SKB CPNS Kanwil Kemenag Sulteng tandatangani pakta integritas

Penandatanganan Pakta Integritas oleh tim penguji  SKB CPNS Kementerian Agama Formasi Tahun 2019 disaksikan Kakanwil Kemenag Sulteng didampingi Kabag TU, di Aula Kanwil Kemenag Sulteng, Senin (07/09/2020). ANTARA/HO/Kemenag Sulteng

Palu (ANTARA) - Penguji Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil pada formasi tahun 2019 Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil) Sulawesi Tengah telah di tandatangani.

Penandatanganan itu di saksikan Kepala Kanwil Kemenag Sulteng Rusman Langke, Senin (7/9) di Palu. Hal ini wajib dilakukan oleh penguji praktek kerja dan pewawancara SKB Kemenag di seluruh unit eselon pusat dan daerah.

Sebelum penandatanganan dimulai, Kakanwil memimpin pertemuan dengan tim penguji SKB yang berjumlah 30 orang, dan didampingi Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) Kiflin Padjala, serta Kepala Subbagian (kasubbag) Kepegawaian dan Hukum Muhammad Djamil M Nur. 

"Pelaksanaan SKB tahun ini merupakan tantangan bagi Kemenag selaku penyelenggara, karena dilaksanakan melalui dalam jaringan (daring), berbeda dengan tahun sebelumnya, tatap muka secara langsung," ungkap Rusman.

Dia berharap, orang-orang yang terlibat sebagai tim penguji harus memiliki integritas, serta menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

"Jadwal pelaksanaan seleksi CPNS ini sempat tertunda karena COVID-19, sehingga kita melaksanakannya secara virtual, sesuai arahan dari Biro Kepegawaian Kemenag RI. Olehnya kami menyiapkan sebaik mungkin persiapan ini agar pelaksanaannya lancar dan sukses," ujar Rusman.

Kepala Bagian Tata Usaha Kemenag Sulteng  Kiflin Padjala menyampaikan, bahwa kendala teknis harus dapat diantisipasi dalam pelaksanaan SKB, sehingga, jaringan internet serta jaringan listrik perlu diantisipasi jika sewaktu-waktu, termasuk penguji agar memprioritaskan tugas dan tanggung jawab.

Ujian tersebut akan diikuti 12.621 peserta, 2.766 formasi pada 143 satuan kerja Kemenag. SKB CPNS Kemenag di Sulteng akan diikuti 170 CPNS dengan rincian, 132 orang peserta Kanwil Kemenag dan 38 peserta di IAIN. 

Adapun peserta ujian SKB Kemenag Sulteng berjumlah 96 peserta, 87 orang akan mengikuti ujian di Sulteng, sedangkan sembilan orang akan melaksanakan ujian di provinsi lain. 

"Hal ini sesuai kebijakan Biro Kepegawaian di masa pandemi COVID-19, untuk melaksanakan ujian sesuai lokasi terdekat peserta yang telah dipilih di aplikasi SSCN BKN," jelas Kiflin.

Dia menambahkan, ujian SKB terbagi dalam tiga bagian dengan sistem penilaian praktek kerja 35 persen, psikotes 30 persen dan wawancara 35 persen. Pelaksanaan ujian direncanakan tanggal 14-22 September 2020.

Baca juga: Kemenag sebut sertifikasi penceramah tidak seperti sertifikasi profesi
Baca juga: Kemenag terbitkan lima sertifikat halal untuk pelaku usaha di Sulteng