Kodim Poso gelar penanaman bibit mangrove di Pantai Madale

id mangrove-poso

Kodim Poso gelar penanaman bibit mangrove di Pantai Madale

Para prajurit TNI Kodim 1307/Poso saat melakukan penanaman bibit pohon mangrove di Dusun Karawasa Kelurahan Madale Kecamatan Poso Kota Utara, Kabupaten Poso, Selasa (27/10/2020). ANTARA/Feri Timparosa.

Poso, Sulteng (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1307/Poso, Sulawesi Tengah, bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat menggelar penanaman bibit pohon mangrove di Dusun Karawasa Kelurahan Madale Kecamatan Poso Kota Utara.
 
"Penamaan bibit mangrove ini bertujuan untuk melestarikan hutan bakau, dan juga merupakan salah satu program Kodim Poso dalam pembinaan lingkungan hidup," ujar Kepala Staf Kodim Poso, Mayor Inf Ahmad Jayadi di Poso, sekitar 350 kilometer dari Kota Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah, Selasa.

Ahmad Jayadi mengatakan bawah hutan mangrove yang sering disebut dan dikenal orang dengan sebutan hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di atas substrat (media tumbuh) yang digenangi campuran air tawar dan air laut, sehingga habitat mangrove ini tumbuh di sepanjang pesisir pantai, muara sungai dan rawa gambut.

Pemerintah Kabupaten Poso melalui Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Poso terus berupaya melestarikan hutan mangrove yang dimiliki oleh Kabupaten Poso, sehingga dilibatkan beberapa pihak yang terkait, termasuk Kodim 1307 Poso untuk melestarikannya.

Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Poso, Yusak Mentara mengapresiasi kepada pihak TNI Kodim 1307/Poso yang telah berinisiatif mengadakan kegiatan tersebut. 

"Pelestarian hutan mangrove ini harus menjadi tanggung jawab kita bersama karena masa depan bangsa Indonesia itu ada di laut," tutur Yusak.

Menurut dia, kegiatan ini akan memotivasi pemerintah daerah Poso untuk terus memberikan perhatian khusus terhadap pelestarian hutan mangrove yang ada di Kabupaten Poso, sehingga hutan mangrove bisa menjadi potensi wisata alam Kabupaten Poso.

Pihak Kodim 1307/Poso tidak menyebutkan jumlah pohon bibit mangrove yang ditanam di pesisir Pantai Madale itu, namun para prajurit dari kesatuan TNI di daerah itu juga melaksanakan kerja bakti bersama masyarakat dalam kegiatan pembersihan Kawasan Ekowisata Mangrove Kabupaten Poso.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar