Polda Sulteng gelar "family gathering" bersama insan pers di Palu

id Polda, pamily, gathering

Polda Sulteng gelar "family gathering" bersama insan pers di Palu

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Abdul Rakhman Baso (ketiga kanan), Ketua PWI Sulteng Sulteng Mahmud Matangara (kedua kanan), Kepala LKBN ANTARA Sulteng (kanan), Ketua AJI Palu Moh. Iqbal (kedua kiri), Wakapolda Sulteng Brigjen Pol Hery Santoso (kiri) pada acara family gatheting yang diselenggarakan Polda Sulteng di Lapangan Tembak Kelurahan Poboya Kota Palu, Sabtu (27/2/2021). ANTARA/Sulapto Sali

Palu, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah ( (Polda Sulteng) menggelar kegiatan "family gathering" yang diikuti sejumlah pimpinan media massa, pimpinan organisasi kewartawanan dan kalangan wartawan se-Kota Palu yang berlangsung di Lapangan Tembak Direktorat Samapta Polda Sulteng, Kelurahan Poboya Kota Palu, Sabtu.

Kapolda Sulteng Irjen Pol. Abdul Rakhman Baso pada pembukaan acara tersebut mengatakan kegiatan family gathering tersebut dilakukan untuk membangun silahturahmi dalam melaksanakan tugas masing-masing, baik dari segi keamanan maupun penyampaian informasi melalui media massa.

“Saya tahu betul teman-teman media ini, pagi sampai pagi lagi, bergelut dalam menerima informasi, menginput data dan menyampaikan kepada masyarakat, itu saya kira sesuatu berat, sehingga perlu refreshing. Hari ini kita santai, namun tidak mengurangi protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19,” katanya.

Menurut Rakhman, di sisi lain jajaran Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, tidak bisa bekerja sendiri dalam melaksanakan tugas, khususnya menyampaikan informasi kepada masyarakat luas, terkait dengan apa yang telah dikerjakan, jika tidak menjalin kerja sama yang baik dengan media massa.

“Bahwa apa yang dilakukan polisi itu supaya sampai kepada masyarakat, tidak lepas dari peran media. Jadi kita bangun itu, mudah-mudahan ke depan semakin bagus bersinergi, kita membuat Sulteng ini semakin damai, nyaman dan proses pembangunan semua aspek segala bidang berjalan dengan baik, akhirnya masyarakat sejahtera,” katanya.

Pada kesempatan ini, Kapolda Sulteng menyatakan pihaknya berkomitmen untuk terbuka menyampaikan informasi dalam hal pengelolaan pemberitaan terkait dengan kepentingan masyarakat.

“Saya juga berharap bantuan teman-teman media untuk memberikan masukan hal-hal apa yang tidak terkomunikasi dengan baik atau mungkin ada sikap-sikap anggota yang tidak mendukung tugas-tugas jurnalis akan dikoreksi dalam rangka membangun manajemen media yang profesional sebagaimana arahan bapak Kapolri,” katanya.

Sementara Kepala LKBN ANTARA Biro Sulawesi Tengah, La Ode Masrafi, yang mewakili pimpinan media massa pada acara tersebut dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan family gathering yang dilakukan Polda Sulteng sebagai salah satu upaya membangun komunikasi dan kerja sama yang baik dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat serta keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia. 

“Hubungan silaturahmi dan komunikasi antara media atau wartawan dengan lembaga kepolisian ini sangat penting dan terus dijaga dengan baik, terutama terkait dengan kebutuhan informasi.  Media memang tidak punya alat senjata, tapi punya pena yang cukup tajam bisa menusuk sampai ke ujung ubung, melalui informasi yang diberitakan di media . Oleh karena itu, pengelolaan informasi dalam pemberitaan media yang baik sangat penting untuk menjaga kondusivitas keamanan daerah dan negara kita,” katanya. 

Ia juga berharap kegiatan family gathering ini terus dilakukan oleh Polda Sulteng sebagai upaya untuk menjaga dan meningkatkan komunikasi yang baik antara media massa dan lembaga kepolisian, sehingga penyampaian informasi berbagai aspek kehidupan bermasyarakat dan berbangsa, terutama terkait isu keamanan dan hukum serta hoaks di masa pandemi COVID-19 di daerah ini, dapat disampaikan melalui pemberitaan yang bijak di tengah masyarakat.

Kegiatan Family Gathering selama paru waktu hari ini turut hadir selain Kapolda Sulteng bersama sejumlah pejabat utama antara lain Wakapolda Brigjen Pol Hery Santoso dan Kabid Humas Kombes Pol Didik Supranoto, juga kalangan pimpinan media massa, organisasi kewartawanan dan insan pers se-Kota Palu, antara lain pimpinan/perwakilan media massa nasional dan lokal, Ketua PWI Sulteng Mahmud Matangara, Ketua AJI Palu Moh. Iqbal, Ketua PFI Rony Sandhi, Ketua IJTI Rahman Odi.

Acara silaturahmi ini juga dirangkaikan dengan kegiatan pengenalan penggunaan senjata pistol sekaligus lomba menembak yang diikuti kalangan insan pers. Kegiatan lomba menembak yang mendapatkan hadiah souvenir dari Kapolda Sulteng itu antara lain juara satu diraih Rahman Odi dari Net TV, juara kedua Wahono (SKH Radar Sulteng) dan ketiga Irwan K. Basir (Kabar Luwuk.com). 
 
Kepala LKBN ANTARA Sulteng La Ode Masrafi didampingi instruktur personil Brimob Polda Sulteng saat mengikuti lomba menembak bagi kalangan insan pers pada acara family gatheting yang digelar Polda Sulteng di Lapangan Tembak Kelurahan Poboya Kota Palu, Sabtu (27/2/2021). ANTARA/Sulapto Sali
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar