PLN Tambah Kapasitas Trafo Gi Sidera 2016

id pln

PLN Tambah Kapasitas Trafo Gi Sidera 2016

Listrik PLN (ANTARA)

Salah satunya menambah kemampuan trafo gardu induk atau GI PLTA Poso di Desa Sidera, Kabupaten Sigi
Palu,  (antarasulteng.com) - PT PLN (Persero) berencana menambah kapasitas trafo gardu induk di Desa Sidera, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada 2016.

Manajer PT PLN Area Palu, Sulteng Novalince di Palu, Kamis mengatakan, pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kebutuhan listrik agar ke depan semakin memadai.

"Salah satunya menambah kemampuan trafo gardu induk atau GI PLTA Poso di Desa Sidera, Kabupaten Sigi," katanya.

Ia mengatakan, saat ini, kemampuan trafo di gardu induk Sidera hanya sekitar 30 Mega Volt Ampere (MVA) atau setara dengan 24 Mega Watt (MW).

Pihak PLN, katanya dipastikan akan menambah kemampuan trafo GI Sidera guna meningkatkan suplai daya listrik dari PLTA Poso.

Hingga kini, PLTA Poso II berkapasitas terpasang 3x65 MW, baru bisa mensuplai daya listrik untuk Kota Palu dan Kabupaten Sigi sebesar 24 MW yang disesuaikan dengan kemampuan trafo GI Sidera.

"Pak Gubernur Sulteng Longki Djanggola saat peresmian pengopertasian GI Sidera beberapa waktu lalu meminta PLN untuk menambah kemampuan trafo," kata Novalince.

Menurut dia, penambahan kemampuan trafo GI Sidera sudah disetujui.

"Hanya saja realisasi baru akan dilakukan pada 2016," katanya.

Ia melanjutkan, meski PLTA Poso baru mampu mensuplai daya 24 MW, tetapi cukup membantu PLN dalam mengatasi krisis listrik di Kota Palu.

Paling tidak, tingkat pemadaman listrik akan berkurang dibanding sebelumnya.

Dia mengakui, listrik di Palu saat ini masih pas-pasan meski telah mendapat suplai daya dari PLTA Poso II.

Karena itu, jika ada pembangkit listrik tenaga disel (PLTD) dan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) mengalami kerusakan, kemungkinan besar akan terjadi pemadaman.

"Hanya saja pemadaman tidak separah sebelumnya," ujar Novalince. (skd)