Isu sepekan: Satgas blokir akses obligor BLBI hingga nasib karyawan Garuda

id BLBI,Garuda Indonesia,Sri Mulyani Indrawato, Erick Thohir,Bahlil Lahadalia, BKPM, Bank Indonesia,Dody Budi Waluyo,Obligo

Isu sepekan: Satgas blokir akses obligor BLBI hingga nasib karyawan Garuda

Menko Polhukam Mahfud MD (keempat kanan) didampingi Menteri Keuangan Sri Mulyani (kelima kanan) memimpin konferensi pers seusai pelantikan Tim Satgas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) di Kemenkeu, Jakarta, Jumat (4/6/2021). Tim Satgas BLBI resmi dilantik dan akan melakukan penagihan kepada seluruh pihak yang terlibat yang telah menyebabkan kerugian negara sebesar Rp110,454 triliun. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Sepanjang Senin (31/5) hingga Sabtu (5/6), lima berita ekonomi dari Kantor Berita ANTARA menarik perhatian banyak pembaca, mulai dari tim satuan tugas (satgas) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) akan memblokir akses para obligor kasus BLBI ke lembaga keuangan, hingga Menteri BUMN Erick Thohir akan mempertahankan ribuan karyawan PT Garuda Indonesia agar tetap berada di perusahaan maskapai pelat merah tersebut.

Berikut rangkuman lima berita tersebut beserta tautan untuk membaca berita selengkapnya


SRI MULYANI AKAN BLOKIR AKSES OBLIGOR BLBI KE LEMBAGA KEUANGAN

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menegaskan tim satuan tugas (satgas) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) akan memblokir akses para obligor kasus BLBI ke lembaga keuangan, karena telah merugikan negara mencapai sekitar Rp110 triliun.

Ini bisa kita lakukan karena nama-nama mereka jelas dan perusahaannya juga ada, maka dari itu aset tracing menjadi penting dan kemudian obligasi atau kewajibannya bisa diidentifikasi, kata Menkeu Sri Mulyani dalam konferensi pers usai Pelantikan Satgas BLBI di Jakarta, Jumat.

Sri Mulyani menyatakan hal itu akan dilakukan melalui kerja sama dengan pihak Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) karena nama dan perusahaan para obligor BLBI sudah jelas.

Baca di sini


BI KLAIM INJEKSI LIKUIDITAS TERBESAR DI KAWASAN BAGI PEMULIHAN EKONOMI

Bank Indonesia mengatakan telah melakukan injeksi likuiditas terbesar dibandingkan negara-negara di kawasan dengan total Rp781,29 triliun atau 5,06 persen Produk Domestik Bruto (PDB) untuk membantu ketersediaan dana di pasar keuangan guna memulihkan perekonomian nasional.

Gelontoran stimulus itu dilakukan sejak 2020 atau saat pandemi COVID-19 global merebak hingga saat ini.

Jadi cukup besar dalam rasio terhadap PDB untuk yang quantitative easing saja dari bank sentral itu sebesar 5,06 persen PDB. Di regional kita termasuk yang tertinggi dalam injeksi likuiditas, kata Deputi Gubernur BI Dody Budi Waluyo dalam diskusi virtual Meningkatkan Efektivitas Pemulihan Ekonomi Nasional di Jakarta, Kamis.

Baca di sini


KEMENKO MARVES KELILING SOSIALISASIKAN PROGRAM WORK FROM BALI

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) melakukan roadshow atau keliling untuk mensosialisasikan Program Work From Bali (WFB) bersama perwakilan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali dan asosiasi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif Bali pada 2-4 Juni 2021.

Roadshow sosialisasi WFB dilakukan secara daring dan luring ke kantor tujuh Kementerian/Lembaga (K/L) di bawah koordinasi Kemenko Marves, BUMN, serta perusahaan startup digital yang berlokasi di Jakarta.

"Roadshow ini dilakukan agar teman-teman dari Pemprov Bali serta para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif Bali mendapat kesempatan untuk menjelaskan mekanisme pelaksanaan Work From Bali secara lebih terperinci," kata Asisten Deputi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves Hermin Esti Setyowati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Baca di sini

KEMENTERIAN INVESTASI DITARGETKAN RAIH INVESTASI RP1.200 TRILIUN

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan pihaknya mendapat tugas untuk mencapai target realisasi investasi sebesar Rp1.200 triliun dari Presiden Jokowi.

"Untuk target 2022, investasi kita itu sebenarnya Rp985 triliun atau maksimal Rp1.127 triliun. Tapi permintaan Bapak Presiden kepada kami itu menjadi Rp1.200 triliun," kata Bahlil Lahadalia dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Senin.

Bahlil Lahadalia menuturkan target tersebut memang naik sekitar 30 persen dari target tahun ini yang juga diminta Presiden Jokowi mencapai Rp900 triliun. Padahal, berdasarkan rencana strategis (restra) Kementerian Investasi/BKPM 2020-2024 tahun ini target realisasi investasi sebesar Rp858,5 triliun.

Baca di sini


ERICK THOHIR JANJI PERTAHANKAN RIBUAN KARYAWAN GARUDA INDONESIA

PT Garuda Indonesia menawarkan program pensiun dini untuk para karyawannya hingga 19 Juni 2021 demi menyelamatkan keuangan perusahaan yang tertekan akibat rugi dan utang.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan akan mempertahankan ribuan karyawan Garuda Indonesia agar tetap berada di perusahaan maskapai pelat merah tersebut.

"Dari hasil laporan yang saya dapatkan bahwa kami tetap mempertahankan 1.300 pilot dan awak kabin, serta 2.300 pegawai," kata Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta, Rabu.

Baca di sini

 

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar