Hidayat Nur Wahid kenang peran Mochtar Kusumaatmaja dalam Deklarasi Djuanda

id Mochtar Kusumaatmadja,MPR RI,Hidayat Nur Wahid

Hidayat Nur Wahid kenang peran Mochtar Kusumaatmaja dalam Deklarasi Djuanda

Menteri Luar Negeri Indonesia periode 1978 hingga 1988 Mochtar Kusumaatmadja wafat. ANTARA/HO-Kementerian Luar Negeri

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) mengenang peran mantan Menteri Luar Negeri RI Mochtar Kusumaatmaja dalam Deklarasi Djuanda yang telah memperkuat dan memperluas wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Inna lillhi wa inna ilaihi rjiun. Beliau (Mochtar Kusumaatmaja) adalah pahlawan bangsa yang sukses dengan Deklarasi Djuanda perkuat soliditas dan perluas NKRI tanpa nyalak senjata," kata Hidayat saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu.

Hal itu dikatakan HNW dalam akun Twitter resminya pada Minggu siang.

HNW berharap bakti yang telah diberikan Mochtar untuk NKRI dapat diterima Allah Swt. sebagai ibadah.

Sebelumnya, mantan Menteri Kehakiman dan Menteri Luar Negeri era kabinet pembangunan Mochtar Kusumaatmadja dikabarkan wafat pada hari Minggu (6/6).

Akun Twitter resmi Kantor Staf Kepresidenan (KPS) mengucapkan belasungkawa dan turut berdukacita. Sebelum wafat, Mochtar dikabarkan sakit sejak 2015.

Pria kelahiran 17 Februari 1928 ini merupakan Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Padjajaran (UNPAD), Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan II Kabinet Pembangunan II (1973—1978) dan Menteri Luar Negeri Kabinet Pembangunan III dan IV (1978—1988).
 

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar