Pemkab Morut minta GTRA prioritaskan penataan lahan cegah sengketa

id Sulteng,Sandi,Palu,Kpk,Korupsi,Pemkab Morut minta GTRA prioritaskan penataan lahan,Morut minta GTRA prioritaskan penataa

Pemkab Morut  minta GTRA prioritaskan penataan lahan cegah sengketa

Bupati Morut dr. Delis Julkarson Hehi (kiri) memberikan arahan dalam rapat persiapan dan perencanaan GTRA Kabupaten Morut yang diadakan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Morut, Kamis (24/6). ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut.

Palu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Morowali Utara (Morut) Provinsi Sulawesi Tengah meminta Gugus Tugas Reformasi Agraria (GTRA) memprioritaskan penataan dan penertiban status tanah atau lahan warga untuk mencegah sengketa antar masyarakat maupun dengan perusahaan yang memanfaatkan lahan di daerah itu.



Bupati Morut dr. Delis Julkarson Hehi, Kamis mengatakan, meski pekerjaan tersebut tidak mudah, GTRA harus melakukannya demi melindungi hak-hak masyarakat atas kepemilikan lahannya.



"Sengketa tanah bisa terjadi dimana-mana, baik antar masyarakat, antar perusahaan dengan masyarakat, antar pemerintah dengan masyarakat dan sebagainya," katanya dalam rapat persiapan dan perencanaan GTRA Kabupaten Morut yang diadakan Kantor Pertanahan (BPN) Morut.



Ia menerangkan penataan dan penertiban status tanah di Morut sangat penting dan mendesak dilaksanakan secepatnya.



"Industri besar sudah masuk di Morut sehingga kebutuhan lahan otomatis akan meningkat. Di sinilah pentingnya GTRA untuk menjelaskan sekaligus menyelamatkan tanah-tanah masyarakat," ujarnya.



Mengingat, lanjutnya, Morut merupakan daerah industri yang sedang berkembang sehingga perlu dilakukan upaya-upaya antisipasi untuk mencegah munculnya sengketa pertanahan akibat melonjaknya kebutuhan lahan.



Jika tidak diantisipasi sedini mungkin, ia khawatir gesekan antar warga, perusahaan dan pemerintah daerah terkait klaim-klaim kepemilikan tanah tanpa hak dapat terjadi dan bisa menyebabkan korban jiwa berjatuhan.

Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar