Menu atlet di Kampung Olimpiade yang dijual di toserba Jepang

id Olimpiade Tokyo,menu atlet Olimpiade Tokyo,makanan atlet Olimpiade Tokyo

Menu atlet di Kampung Olimpiade yang dijual di toserba Jepang

Salah satu menu makanan atlet di Kampung Olimpiade Tokyo. (olympics.com)

Jakarta (ANTARA) - Makanan yang disajikan kepada atlet Olimpiade Tokyo menjadi menu khusus yang mulai dijual di "konbini" (toko serba ada atau toserba) di seluruh Jepang mulai 23 Juli hingga 5 September.

Dikutip dari laman resmi Olimpiade, Sabtu, menu spesial Kampung Atlet Olimpiade Tokyo itu dikemas dengan gizi lengkap protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, yang merupakan bagian dari diet seimbang para atlet.

Makanan, yang akan diluncurkan sebagai bagian dari jajaran produk berlisensi resmi Komite Penyelenggara Tokyo 2020, itu termasuk pilihan empat jenis menu, di antaranya adalah menu Somen dengan tomat dan ayam kukus.

Somen adalah mie gandum putih Jepang yang rendah lemak dan tinggi karbohidrat kompleks untuk energi. Mie tersebut disajikan dengan tomat dan ayam kukus, yang kaya akan protein dan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh atlet.
Salah satu menu makanan atlet di Kampung Olimpiade Tokyo. (olympics.com)


Ada juga bento Salmon Zangi atau salmon goreng, dengan saos lemon madu dan tomachiki, yaitu tomat dan ayam, dan akan disajikan dengan brokoli dan wortel parut.

Pembeli juga dapat menikmati Oden Summer Version. Oden adalah makanan nasional Jepang dan terdiri dari beberapa bahan antara lain telur rebus, kue ikan yang direbus, kaldu rasa kedelai dan lobak putih.

Menu keempat adalah Zunda de Panna Cotta, yaitu pasta yang terbuat dari edamame yang dipanen dengan tangan, yang dikenal sebagai "zunda." Hidangan ini disajikan dalam dua lapis panna cotta cream mousse.

Menu-menu tersebut dipilih dari 715 yang diajukan pada Tokyo 2020 Food Project. Masyarakat dan organisasi diundang untuk mengambil bagian dalam kompetisi, yang merayakan makanan dan budaya Jepang.

Panel juri memberikan sejumlah penghargaan untuk menu-menu tersebut, yang kini disajikan kepada para atlet dari seluruh dunia di Kampung Atlet Olimpiade Tokyo.