FTIK UIN Palu kerja sama tiga madrasah optimalkan pengembangan SDM

id ftik,uin datokarama,uin Palu,nadhlatul khairaat,hamlan

FTIK UIN Palu kerja sama tiga madrasah  optimalkan pengembangan SDM

Penandatanganan FTIK UIN Datokarama Palu bersama tiga madrasyah di lingkungan Yayasan Nahdlatul Kahiraat, di Donggala, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menjalin kerja sama dengan tiga madrasah untuk mengoptimalkan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Iya, terdiri dari madrasah ibtidaiyah, madrasah tsnawiyah dan madrasah aliyah, yang semuanya berada di lingkungan Yayasan Nahdlatul Khairaat di Kabupaten Donggala," ucap Dekan FTIK UIN Datokarama Palu Dr Hamlan di Palu, Rabu.

Kata Hamlan, lewat kerja sama itu FTIK UIN Palu yang juga sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) akan berperan untuk membantu pengembangan sumber daya manusia di Kabupaten Donggala khususnya di tiga madrasah tersebut.

"Ini adalah kolaborasi untuk pengembangan sumber daya manusia, yang mana FTIK UIN Palu dan tiga madrasah tersebut akan saling mengisi atau saling menerima manfaat," ungkapnya.

Dengan kerja sama itu, kata dia, para dosen di lingkungan FTIK UIN Palu akan membantu melakukan pengembangan perangkat pembelajaran dan pengembangan media pembelajaran di tiga madrasah itu.

"FTIK akan memberikan pembobotan kepada tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan kepada siswa yang ada di tiga madrasyah tersebut," kata Hamlan.

Pengembangan kompetensi pendidik dan kependidikan, kata Hamlan, menjadi satu fokus pengembangan dalam kerja sama itu, antara lain penulisan karya ilmiah untuk dimuat di jurnal, serta penelitian tentang tindakan kelas.

Selain itu, ujar dia, FTIK lewat kerja sama itu akan berperan untuk membantu penguatan managemen pendidikan tiga madrasah tersebut, agar dapat berkembang, sehingga pelayanan pendidikan kepada masyarakat berjalan sesuai dengan harapan.

"Penguatan yang diberikan sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh FTIK, seperti dalam ruang lingkungan pengembangan pendidikan Islam, pendidikan anak usia dini, pengembangan IPS, Bahasa Arab dan Inggris, serta manajemen pendidikan," ungkapnya.

Hamlan menyebut bahwa kerja sama tersebut, merupakan tindak lanjut dari Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Penandatanganan FTIK UIN Datokarama Palu bersama tiga madrasyah di lingkungan Yayasan Nahdlatul Kahiraat, di Donggala, Rabu. (ANTARA/Muhammad Hajiji)




 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021