Ketua Umum NasDem ingatkan pentingnya kesadaran jaga lingkungan

id Partai NasDem, Surya Paloh, aksi lingkungan, kesadaran jaga lingkungan

Ketua Umum NasDem  ingatkan pentingnya kesadaran jaga lingkungan

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh saat melepaskan tukik (anak penyu) dalam aksi peduli lingkungan yang digelar Partai NasDem, di Pulau Kelapa dan Pulau Kotok yang berada di Kawasan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu (20/11/2021). (ANTARA/HO-DPP NasDem)

Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh mengingatkan pentingnya membangun kesadaran dalam menjaga ekosistem dan lingkungan.
 
Surya Paloh mengatakan hal itu saat menghadiri aksi peduli lingkungan yang digelar Partai NasDem, di Pulau Kelapa dan Pulau Kotok yang berada di Kawasan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Sabtu.
 
Dalam aksinya, pengurus partai melakukan pemungutan sampah, melepas tukik (bayi penyu) dan burung elang ke alam bebas serta menanam terumbu karang.
 
Surya Paloh mengatakan lamun atau sejenis tumbuhan dasar laut sangat berperan dalam menjaga ekosistem bawah laut.
 
Surya secara langsung membantu menurunkan sejumlah bibit lamun ke petugas konservasi yang sudah bersiap menanam lamun di laut.
 
Setelah selesai menanam bibit lamun, Surya Paloh melanjutkan kegiatan dengan melakukan penanaman 1.000 batang bibit mangrove agar tidak terjadi abrasi di Kepulauan Seribu.
 
Acara dilanjutkan dengan melepas 200 tukik ke bibir pantai sebagai upaya pelestarian ekosistem secara alami.
 
Surya mengaku gembira bisa ikut serta dalam kegiatan yang bertujuan untuk melestarikan alam, agar terjaga dengan baik bagi anak cucu di masa mendatang.
 
"Amat sangat bersuka cita ya kita gembira," kata Surya dalam siaran persnya.
 
Surya mengaku kegiatan ini juga bertujuan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga ekosistem dan lingkungan secara baik dalam satu siklus kehidupan.
 
"Itu menunjukkan tingkat kemampuan bangsa ini untuk membuktikan sebuah sistem dan nilai peradaban kita yang semakin tinggi," katanya.
 
Bagaimana pun, tambah dia, apa yang sudah dilakukan oleh Partai NasDem adalah demi kepentingan nasional.
 
"Tidak hanya kepentingan hari ini, tapi menyongsong masa depan. Jelas ini tugas kita bersama termasuk tugas penting dari instansi partai politik seperti NasDem".
 
Surya juga berpesan agar kegiatan ini tidak berhenti pada periodisasi kepemimpinan Jokowi saja tetapi terus secara berkesinambungan siapapun presidennya.
 
"NasDem punya corncern yang sama, kegiatan seperti ini harus meresap dalam sukma kalbu kita hingga menjadi tekad kesadaran bahwa ini adalah masalah kita dan ini adalah milik kita yang harus kita jaga bersama," kata Surya Paloh.

Hadir dalam kegiatan itu, Anggota Majelis Tinggi NasDem yang juga Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Ketua Dewan Pakar NasDem yang juga Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar.
 
Sementara itu, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan kegiatan bersih-bersih pantai dari sampah merupakan tindakan yang terpuji karena merawat alam agar tetap lestari.
 
"Hari ini kita bersama ada di Kepulauan Seribu untuk menggemakan semangat menjaga alam. Mari kita pulihkan lingkungan seluruh Indonesia terutama mulai dari pulau-pulau," katanya.
 
Siti juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Pulau Seribu yang sudah ikut bersama-sama membersihkan sampah.
 
Dia juga mengajak seluruh warga kepulauan memberi pendidikan awal kepada anak-anak untuk ikut serta merawat lingkungan agar semakin bersih.
 
"Kita harus dan akan bekerja keras untuk Indonesia kita untuk lingkungan yang baik. Kita akan pilah sampah-sampah yang produktif dan akan menjadi sumber ekonomi," kata Siti.
 
 
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2021