Bupati Buol: Pandemi jadi tantangan berat bagi guru bangun SDM unggul

id pemkab buol,bupati buol,amirudin rauf,guru,hari guru nasional,pgri

Bupati Buol:  Pandemi jadi tantangan berat bagi guru bangun SDM unggul

Bupati Buol Amirudin Rauf (ANTARA/HO-Humas Setda Pemkab Buol)

Buol, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Bupati Buol, Sulawesi Tengah Amirudin Rauf mengemukakan pandemi COVID-19 yang sedang melanda Tanah Air menjadi satu tantangan yang sangat berat bagi para guru dalam upaya membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul.

"Selain memberikan dampak terhadap kehidupan sosial, ekonomi, pandemi juga berdampak terhadap upaya peningkatan sumber daya manusia yang dilakukan oleh para guru," ucap Amirudin Rauf di Buol, Senin.

Karena adanya pandemi COVID-19, semua komponen pemerintah dan masyarakat ikut terdampak, termasuk para tenaga pendidik di daerah, yang sebelum adanya pandemi kesehariannya mengajar ditingkatkan PAUD, sekolah dasar, SLTP dan SLTA sederajat.

Sebagai langkah penanggulangan demi kesehatan dan keselamatan bersama, pembatasan ruang gerak atau pembatasan kegiatan masyarakat harus dilakukan, termasuk ruang gerak para guru dan peserta didik serta tenaga kependidikan, dibatasi agar tidak melakukan pertemuan tatap muka langsung untuk pencegahan penularan COVID-19.

"Di tengah pandemi seperti sekarang, tugas dan tanggung jawab besar para guru, diperhadapkan dengan tantangan besar atas adanya pandmei COVID," kata dia.

Ia mengakui bahwa guru dan tenaga kependidikan telah memberikan kontribusi besar dalam membangun suatu peradaban manusia.

"Masa depan suatu daerah, sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan, sedangkan kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh guru yang bekerja untuk anak didiknya" ujar Amirudin Rauf.

Ia mengakui guru tidak sekedar hanya membangun kecerdasan intelektual siswa, tetapi juga membangun kecerdasan karakter (perilaku), dan keterampilan.

"Oleh sebab itu, dibutuhkan upaya untuk hasil yang optimal. Dengan tetap menjunjung tinggi kearifan lokal dan moral yang diwariskan agar dapat diaktualisasikan dan diinternalisasikan dalam kehidupan bermasyarakat. Kepintaran tanpa dibarengi dengan karakter dan moral justru akan mengarah pada hal-hal yang sifatnya destruktif," ucap Amirudin Rauf.

Bupati berharap perkembangan zaman yang ditandai dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, dapat dimanfaatkan secara optimal oleh guru dalam membangun kecerdasan siswa.

Pada momentum Hari Guru Nasional Pemkab Buol menghibahkan lahan kepada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Buol, untuk membangun Sekretariat PGRI kabupaten tersebut.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022