Vaksinasi Covid-19 di Morowali Utara lampaui target

id Delis,Morut,bupati morut,kolonodale,MCDD,vaksinasi covid-19

Vaksinasi Covid-19 di Morowali Utara  lampaui target

Bupati Morowali Utara Delis Jolkarson Hehi (kanan) dan Wabup H. Djira saat memimpin Rakot Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Ruang Pola Kantor Bupati Morut di Kolonodale, Senin (17/1) (ANTARA/HO-MCDD)

Kolonodale (ANTARA) - Bupati Morowali Utara Delis Julkarson Hehi mengapresiasi semua pihak yang terlibat aktif menyukseskan program vaksinasi Covid-19 selama 2021 sehingga daerah ini bisa melampaui target minimal yang ditetapkan pemerintah pusat.

"Kita mendapat target minimal dari pusat untuk vaksinasi tahap I kepada 70 persen penduduk, namun realisasinya per 31 Desember 2021 adalah 75,5 persen," ujar Bupati Delis saat memimpin Rapat Koordinasi Gugus Tugas Penanggulangan Pandemi Covid-19 di Ruang Pola Kantor Bupati Morut di Kolonodale, Senin.

Untuk itu, bupati telah merealisasikan janjinya untuk memberikan penghargaan kepada Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) yang mencapai prosentase tertinggi dalam pencapaian target vaksinasi.

PKM yang mencapai prosentase tertinggi adalah PKM Beteleme, Kecamatan Lembo. PKM ini mendapatkan hadiah satu unit sepeda motor. Hadiah sepeda motor ini juga diberikan kepada Camat Lembo, Kapolsek Lembo dan Koramil Lembo atas dukungan mereka kepada PKM Beteleme menggalakkan vaksinasi.

"Ini hadiah bukan untuk pribadi ya, tetapi untuk institusi guna memperlancar pelaksanaan tugas-tugas penanganan Covid-19 di masa depan," ujarnya di depan rapat yang dihadiri Wabup H. Djira, Sekda Morut Musda Guntur, Dandim Morowali-Morut serta Kapolres Morut serta anggota DPRD Morut itu.

Delis meminta semua pihak untuk tetap giat melakukan vaksinasi sebab masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus diselesaikan yakni pertama, vaksinasi tahap II masih di bawah target minimal yang diberikan pusat yakni 60 persen, sedangkan realisasi Morut baru 50,4 persen.

Kedua, vaksinasi lansia dan anak-anak masih sangat rendah prosentasenya yakni di bawah 60 persen.

Ketiga, realisasi vaksinasi di daerah pedalaman seperti Kecamatan Bungku Utara dan Mamosalato masih rendah sekali.
"Saya minta segera ada sosialisasi kepada kepala-kepala desa dan tokoh-tokoh agama tentang vaksinasi di desa-desa pedalaman. Kita arahkan fokus kita ke daerah-daerah pedalaman yang warganya masih minim sekali ikut vaksinasi," ujarnya.

Terkait hadiah, Bupati Delis menjanjikan akan meningkatkan nilai hadiah yang akan diberikan kepada pihak-pihak yang berprestasi.
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022