Kominfo bangun 50 menara BTS di Parigi Moutong lewat program Baktiku

id Bts, Baktiku, Kominfo, Fiberhome Technologies, pemkabparimo, Samin Latandu,Internet, sulteng

Kominfo bangun 50 menara BTS  di Parigi Moutong lewat program Baktiku

Asisten Bidang Administrasi dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Parigi Moutong, Samin Latandu (kanan) meninjau sistem perangkat tower BTS berbasis 4G dibangun Kementerian Kominfo di Kecamatan Tinombo usai di luncurkan, Selasa (15/3/2022). ANTARA/Moh Ridwan

Parigi, Sulteng (ANTARA) -
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membangun 46 menara Base Transceiver Station (BTS) di Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah dalam rangka mendukung pemenuhan jaringan telekomunikasi pada daerah-daerah bleng spot lewat program Baktiku.
 
"Dari 50 menara BTS di bangun, empat diantaranya tower induk. Saat ini sudah ada 37 tower berbasis sinyal 4G yang sudah terbangun di 19 kecamatan sasaran dari 23 kecamatan di kabupaten ini. Kami tinggal melakukan instalasi perangkat dan pointing," kata Hariadi, perwakilan PT Fiberhome Technologies Indonesia selaku pihak penyedia pada peluncuran BTS 4G dan infrastruktur pendukung di Tinombo, Parigi Moutong, Selasa.
 
Ia menjelaskan, sebagai program nasional melalui Kementerian Kominfo, maka pembangunan menara BST bertujuan agar tidak ada lagi daerah-daerah di tanah air yang mengalami ketimpangan dan ketertinggalan akses internet, sebagai mana harapan Presiden RI Joko Widodo di tahun 2024 nanti, bahwa semua daerah sudah tersentuh jaringan internet.
 
Di Parigi Moutong, katanya, kurang lebih delapan desa yang sebelumnya mengalami bleng spot atau tidak terkoneksi jaringan internet, kini sudah dapat mengakses jaringan telekomunikasi, dan diproyeksikan di akhir Maret 2022 perampungan pembangunan tower BTS dapat diselesaikan 100 persen.
 
Sebagaimana kesepakatan Pemerintah Daerah (Pemda) setempat dan Kementerian Kominfo, kerja sama kedua belah pihak menerapkan sistem pinjam pakai.
 
Di mana, lokasi pembangunan infrastruktur tower BST berbasis 4G dan infrastruktur pendukung menggunakan lahan atau aset pemerintah setempat, sedangkan aset tower dan perangkat salah milik negara, yang mana bentuk kerja sama ini berlangsung selama lima tahun.
 
"Sebagai penyedia, kami turut berperan melakukan pemerataan akses layanan internet agar tercapai maksud kesetaraan digital teknologi telekomunikasi di seluruh wilayah Parigi Moutong. Setelah semua rampung pemasangan perangkat, selanjutnya proses pemeliharaan peralatan akan ditangani oleh pihak tertentu yang sudah ditunjuk," papar Hariadi.
Asisten Bidang Administrasi dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Parigi Moutong, Samin Latandu meluncurkan pengoperasian tower BTS berbasis 4G dibangun Kementerian Kominfo di Kecamatan Tinombo, Selasa (15/3/2022). ANTARA/Moh Ridwan
Asisten Bidang Administrasi dan Pemerintahan Sekretariat Daerah Parigi Moutong Samin Latandu mengemukakan, pemerintah setempat telah melakukan usulan kepada Kementerian Kominfo untuk pembangunan kembali infrastruktur tower BTS infrastruktur pendukung pada fase ke dua tahun 2022.
Sebab, masih ada kurang lebih 37 desa di daerah tersebut masih mengalami bleng spot, sehingga di upayakan kerja sama ini masih tetap berlanjut hingga ke daerah terdepan, terpencil dan tertinggal (3T) agar warga di daerah-daerah tersebut merdeka internet.
"Program ini juga sebagai dari upaya pemerintah meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), sekaligus selaras dengan salah satu program prioritas Pemkab Parigi Moutong yakni transformasi digitalisasi," demikian Samin.