Bupati Morut: Sejumlah capaian berhasil diraih selama setahun

id Sulteng,Sandi,Palu,Ppkm,Antara

Bupati Morut: Sejumlah capaian berhasil diraih selama setahun

Bupati Morut dr. Delis Julkarson Hehi. ANTARA/HO-Media Center Pemkab Morut

Morowali Utara (ANTARA) - Bupati Morowali Utara (Morut)  dr. Delis Julkarson Hehi menyebutkan sejumlah capaian keberhasilan yang diraih selama setahun, mulai awal 2021 saat ia bersama Wakil Bupati Morut H Djira K menjabat hingga sekarang.



Capaian keberhasilan itu antara lain di bidang kesehatan menjadikan Morut sebagai daerah dengan cakupan jaminan kesehatan bagi masyarakat melalui kepesertaan BPJS Kesehatan atau Universal Health Coverage (UHC) mencapai 98 persen dari total jumlah penduduk daerah itu.



"Di Sulteng hanya dua daerah yang UHC-nya sudah di atas 90 persen, salah satunya Kabupaten Morut. Kita berharap dalam waktu yang tidak lama dapat mencapai 100 persen," katanya di Kolonodale, Sabtu (28/5).



Kemudian di bidang pendidikan, kata dia, Pemerintah Kabupaten Morut telah merealisasikan pendidikan gratis bagi peserta didik pada jenjang sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) serta memberikan beasiswa kepada seluruh mahasiswa asal Morut.



"Saya sudah tegaskan kepada kepala dinas pendidikan agar tidak ada anak-anak kita yang tidak bisa sekolah karena tidak memiliki gedung sekolah, tidak ada guru dan tidak ada biaya. Saya juga perintahkan agar tidak ada satu mahasiswa asal Morut yang tidak memperoleh beasiswa," ujarnya.



Selain itu di bidang kesejahteraan, dr. Delis mengatakan Pemerintah Kabupaten Morut memiliki tiga program unggulan antara lan Gerakan Memanfaatkan Pekarangan (Gempar), dan Pengembangan Jenis Komoditi Khusus (Pajeko)



Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Morut  memberikan bantuan sebesar Rp300 juta setiap desa untuk membiayai kelompok petani, peternak, perikanan, kelompok pemuda dan kelompok perempuan.