Jokowi saat tiba di Wakatobi disambut tari Sajo Moane

id Presiden Jokowi,Wakatobi,GTRA Summit

Jokowi saat tiba di Wakatobi disambut tari Sajo Moane

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana disambut pertunjukan tari Sajo Moane dan mendapat kain tenun khas Wakatobi saat tiba di Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi, Kamis (9/6/2022). (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana saat tiba di Bandara Matahora, Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis pagi mendapat kalungan kain tenun dan kampuri (penutup kepala) khas Wakatobi dan disambut dengan tarian Sajo Moane 

Seperti dikutip dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden (Setpres) menjelaskan turut menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Wakatobi adalah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Komandan Korem 143/Halueo Brigjen TNI Yufti Senjaya, Bupati Wakatobi Haliana dan istri, serta Kapolres Wakatobi AKBP Suharman Sanusi.

Jokowi berada di Wakatobi untuk melakukan sejumlah agenda kunjungan kerja, salah satunya membuka Pertemuan Puncak Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA Summit) 2022, yang merupakan pertemuan puncak dari rangkaian pembahasan lintas sektor sesuai Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2018 tentang Reforma Agraria, dengan tanggung jawab untuk menuntaskan hambatan pelaksanaan Program Strategis Nasional Reforma Agraria.

Usai acara tersebut, rencananya Jokowi akan mengendarai sepeda motor listrik menuju Kampung Mola untuk menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat, kemudian melanjutkan perjalanan ke Pasar Pagi untuk menyerahkan langsung bantuan sosial (bansos) kepada para penerima manfaat. Jokowi juga akan meresmikan sejumlah pelabuhan dan kapal motor penumpang (KMP) yang acaranya dipusatkan di Dermaga Rakyat Wanci.

Di akhir kegiatan kunjungan kerja tersebut, Jokowi bersama Iriana akan melepaskan tukik di Patuno Resort bersama masyarakat sebelum bertolak ke Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, untuk bersiap kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.