150 rumah warga terdampak banjir di Kabupaten Poso

id banjir poso,dampak banjir,bencana banjir

150 rumah warga terdampak banjir  di Kabupaten Poso

Banjir menggenangi permukiman warga di Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, Rabu malam (15/6/2022). (ANTARA/HO-BPBD Sulteng)

Palu (ANTARA) - Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan air sungai meluap dan membanjiri setidaknya 150 rumah warga di Desa Tangkura, Kecamatan Poso Pesisir Selatan, Kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, pada Rabu malam (15/6).

"Curah hujan yang tinggi mulai Rabu sore pukul 16.00 WITA menyebabkan Sungai Moko yang melintasi Desa Tangkura meluap dan menyebabkan banjir pada pukul 19.30 WITA," kata Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah Andi Sembiring saat dihubungi dari Kota Palu, Kamis.

Menurut dia, warga yang rumahnya terkena dampak banjir di Desa Tangkura memilih bertahan di rumah hingga banjir surut. Namun, dia mengimbau warga desa mewaspadai kemungkinan banjir datang lagi.

"Kami terus berkoordinasi dengan aparat Pemerintah Desa Tangkura untuk mengantisipasi dampak yang lebih besar akibat banjir yang terjadi," katanya.

Dia menekankan pentingnya normalisasi Sungai Moko dan perbaikan saluran air untuk menekan risiko banjir di desa tersebut.

"Kebutuhan mendesak saat ini yakni melakukan normalisasi Sungai Moko, pembuatan bronjong di Sungai Moko, dan perbaikan saluran air di jalan lintas provinsi di desa itu," katanya.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 150 rumah warga terdampak banjir di Kabupaten Poso
Pewarta :
Editor : Laode Masrafi
COPYRIGHT © ANTARA 2022