BSI buka layanan penukaran mata uang Riyal bagi JCH Sulawesi Tengah

id Jamaah haji, haji, CJH, jch, BSI, Sulteng, Embarkasi, kloter, palu

BSI buka layanan penukaran mata uang Riyal  bagi JCH Sulawesi Tengah

Jamaah Calon Haji (JCH) Sulawesi Tengah yang tergabung dalam kloter 5 Embarkasi Balikpapan menarik koper saat tiba di asrama haji transit Palu, Sabtu (25/6/2022). ANTARA/ Muhammad Izfaldi

Palu (ANTARA) -
Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Palu membuka layanan penukaran mata uang Riyal Arab Saudi bagi jamaah calon haji (JCH) asal Sulawesi Tengah di asrama haji transit Palu.
 
"Layanan penukaran uang sudah berlangsung tiga hari, dan kami melaksanakannya secara optimal guna membantu jamaah calon haji," kata Manager Operasional BSI Wolter Mongonsidi Palu Wahyudi di asrama haji transit Palu, Sabtu.
 
Ia menjelaskan, sejatinya layanan penukaran uang bagi JCH sudah dimulai jauh sebelum proses pemberangkatan ke embarkasi berlangsung melalui enam cabang BSI yang ada di area Palu.
 
Akan tetapi, pada masa pemberangkatan pihak BSI menerapkan sistem "jemput bola" kepada jamaah yang belum memiliki uang Riyal sebagai alat tukar berdasarkan aturan Pemerintah di Arab Saudi.
Sejumlah calon haji berjalan menuju ruang penerimaan setibanya di Asrama Haji Palu di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat (24/6/2022).

Dalam proses penukaran, pihak BSI telah menyiapkan sistem paket bagi jamaah calon haji yang akan menukarkan uang dengan harga per paket Rp1.050 ribu.
 
"Paket ini sudah ada pecahan hilang nilai kecil dan besar, harga satu paketnya Rp1.050 ribu atau setara dengan 253 riyal dengan nilai 1 Riyal Rp4.200. Paket seperti ini dibuat supaya jamaah memiliki pecahan uang yang seimbang," papar Wahyudi.
 
Ia menambahkan, hingga berlangsungnya pemberangkatan jamaah calon haji kloter 5 Embarkasi Balikpapan, pihaknya telah menukarkan sebanyak 50 paket mata uang Riyal Arab Saudi, atau dalam hitungan rupiah mencapai Rp52 juta.
 
Proses pemberangkatan kloter 5 terdiri dari anggota jamaah calon haji asal Kota Palu, Kabupaten Donggala, Kabupaten Buol, Kabupaten Tolitoli dan Kabupaten Tojo Una-una telah tiba di asrama haji transit Palu, sebelum bertolak ke Embarkasi Balikpapan, Kalimantan Timur, pada Minggu (26/6).