Iqbal diganjar gelar pemain terbaik Piala AFF U-16 2022

id timnas u16 indonesia ,piala aff u16,muhammad iqbal gwijangge ,final aff u16

Iqbal diganjar gelar pemain terbaik Piala AFF U-16 2022

Kapten sekaligus bek tengah tim nasional U-16 Indonesia Muhammad Iqbal Gwijangge menunjukkan trofi pemain terbaik Piala AFF U-16 2022 yang didapatkannya pada Jumat (12/8/2022), di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Gelar individu itu melengkapi status juara Indonesia di turnamen tersebut. (Michael Siahaan)

Australia (ANTARA) - Kapten tim nasional U-16 Indonesia Muhammad Iqbal Gwijangge mengatakan bahwa gelar pemain terbaik Piala AFF U-16 2022 bisa didapatkannya berkat kerja sama seluruh elemen di skuad berjuluk Garuda Asia itu.

"Ini semua berkat kerja sama tim, bukan karena saya sendiri," ujar Iqbal di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Jumat malam.

Pemain berposisi bek tengah itu menegaskan, bagi dia, yang paling penting adalah timnya mampu memenangi laga demi laga dan menjadi juara.

Iqbal sama sekali tidak pernah terpikir untuk mengejar trofi individu di Piala AFF U-16 2022. "Itulah kenapa saya tidak menyangka menjadi pemain terbaik," kata pemain muda klub Bhayangkara FC itu.

Meski merendah, performa Iqbal memang apik di Piala AFF U-16 2022 dan sama sekali tak bisa diabaikan begitu saja.

Iqbal merupakan salah satu pemain yang tak pernah tergeser dari daftar sebelas pertama timnas U-16 Indonesia di Piala AFF U-16 2022. Remaja kelahiran Jawa Barat itu tak sekali pun diganti dengan pemain lain di turnamen tersebut.


Keberadaan Iqbal di lini pertahanan membuat Indonesia hanya kebobolan dua gol pada waktu normal sepanjang Piala AFF U-16 2022.

Berkat penampilannya yang tenang dan disiplin, Indonesia mampu melaju sampai ke final, Jumat (12/8), di mana skuad berjuluk Garuda Asia menundukkan Vietnam dengan skor 1-0 untuk menjadi juara turnamen.

Gelar juara Indonesia itu pun dilengkapi oleh Iqbal dengan trofi individunya. Adapun dua gelar individu lain turnamen tersebut diborong oleh Thailand, tim peringkat ketiga Piala AFF U-16 2022.

Status penjaga gawang terbaik diberikan kepada kiper Thailand Tissanu Khuptanawin. Sementara pencetak gol terbanyak di turnamen adalah Tontawan Puntamunee (lima gol).

Kapten tim nasional U-16 Indonesia Muhammad Iqbal Gwijangge menyebut bahwa ketenangan menjadi kunci kemenangan skuadnya atas Vietnam dengan skor 1-0 pada final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/8) malam.

"Pertandingan tadi sangat ketat. Vietnam menekan kami sejak awal laga tetapi kami tetap tenang dan dapat mengatasinya dengan baik. Kami berhasil membuat gol pada babak pertama," ujar Iqbal seusai pertandingan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Menurut pesepak bola berusia 15 tahun itu, dia dan rekan-rekannya mampu menunjukkan kerja sama yang bagus di lapangan.

Mereka bisa menerapkan hasil latihan ketika bertanding yang pada akhirnya berbuah trofi juara. "Kami tim yang kompak sejak pemusatan latihan pertama. Kami pun terus berlatih pagi dan sore sehingga bisa menjadi juara," tutur Iqbal.


Pemain tim U-16 Bhayangkara FC itu berterima kasih kepada timnya, pelatih dan suporter Indonesia atas status kampiun Piala AFF U-16 2022 itu. Pelatih skuad berjuluk Garuda Asia, Bima Sakti juga mengapresiasi perjuangan dan kerja keras para pemainnya.

Selain itu, Bima berterima kasih pula kepada 22.579 suporter yang hadir di Maguwoharjo pada partai final dan pencinta sepak bola Indonesia yang menyaksikan pertandingan melalui televisi atau perangkat lain. "Terima kasih sudah mendukung kami," kata Bima.


Indonesia sukses menjadi juara Piala AFF U-16 2022 setelah menundukkan Vietnam dengan skor 1-0 pada laga final di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (12/8) malam. Gol Indonesia pada pertandingan itu dilesakkan oleh gelandang Muhammad Kafiatur Rizky.

Dengan demikian, Indonesia sudah mengoleksi dua gelar juara Piala AFF U-16. Sebelumnya, mereka menjadi kampiun di Piala AFF U-16 tahun 2018 yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur. Sementara bagi Vietnam, status "runner up" menyamai pencapaian mereka pada Piala AFF U-16 tahun 2016.