Tim SAR Gabungan berhasil selamatkan empat penumpang kapal mati mesin di Sikka

id Sar, maumere, sikka, ntt, flores

Tim SAR  Gabungan berhasil selamatkan empat penumpang kapal mati mesin di Sikka

Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi dengan selamat empat penumpang kapal nelayan bernama NTT Sejahtera dengan rute Maumere-Ndete yang mengalami mati mesin saat mencari ikan di Perairan Kolisia, Sikka, NTT, Kamis (2/3/2023). (ANTARA/HO-Kantor SAR Maumere)

Maumere (ANTARA) - Tim SAR Gabungan berhasil  melakukan evakuasi dengan selamat empat penumpang kapal nelayan bernama NTT Sejahtera dengan rute Maumere-Ndete yang mengalami mati mesin saat mencari ikan di Perairan Kolisia, Sikka, Nusa Tenggara Timur.  

"Tim berhasil temukan kapal pada pukul 05.30 Wita lalu evakuasi semua penumpang dalam keadaan selamat dan tiba di Maumere pukul 07.30 Wita," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Mexianus Bekabel di Maumere, Kabupaten Sikka, Kamis.

Pencarian dilakukan atas informasi awal yang diterima Kantor SAR Maumere dari istri salah seorang korban pada Kamis, pukul 03.45 Wita.  

Peristiwa ini terjadi ketika empat orang nelayan menumpang perahu tersebut untuk mencari ikan pada pukul 01.00 Wita menuju perairan Ndete. Namun pada pukul 02.30 Wita kapal mengalami mati mesin. 

Berdasarkan laporan yang diterima tersebut, Kantor SAR Maumere bersama instansi potensi SAR seperti Polair Maumere, Lanal Maumere, KSOP Maumere melaksanakan pelaksanaan Operasi SAR dan memberangkatkan tim pada pukul 04.00 Wita. Tim berjumlah lima orang tersebut melakukan upaya evakuasi.

Mexianus menyebut para korban selamat telah dijemput oleh keluarga masing-masing.

"Tim juga tiba di Pelabuhan Wuring Maumere dengan aman dan selamat," katanya.