UIN Datokarama Palu: Mahasiswa harus seimbangkan organisasi dengan perkuliahan

id Uin palu,Ekstrakurikuler,Warek 3,Kemahasiswaan,Moh idhan,Pbak,Mahasiswa baru

UIN Datokarama Palu: Mahasiswa harus seimbangkan organisasi dengan perkuliahan

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Palu Doktor M Idhan menyampaikan sambutan pada penutupan PBAK Tahun 2023. (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Palu (ANTARA) - Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama, Doktor Moh Idhan menekankan kepada para mahasiswa baru agar menyeimbangkan antara kegiatan organisasi dengan perkuliahan.

"Mahasiswa harus bisa membagi waktu untuk menyeimbangkan antara perkuliahan dengan kegiatan organisasi," kata Idhan, di Palu, Jumat.

Doktor Idhan mewakili Rektor UIN Datokarama Palu menutup pelaksanaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2023 yang diikuti sebanyak 1.586 mahasiswa baru.

Kepada mahasiswa baru, Idhan menyampaikan bahwa UIN Datokarama memiliki beberapa organisasi intra kampus atau unit kegiatan mahasiswa (UKM) untuk menopang kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa.

Mahasiswa, sebut dia, berhak untuk bergabung dengan organisasi intra kampus tersebut sesuai dengan bakat dan minat.

"Akan tetapi, kegiatan perkuliahan jangan sampai terbengkalai dengan kegiatan - kegiatan keorganisasian," imbuhnya.

Ia mengatakan bahwa pimpinan mendorong mahasiswa untuk ikut organisasi intra kampus. Bahkan, UIN Palu memfasilitasi dan memberikan dukungan pendanaan untuk kegiatan program UKM.

Hal itu karena, pengembangan kompetensi mahasiswa, sebut dia, salah satunya dilakukan lewat kegiatan ekstrakurikuler yang merupakan bagian tak terpisahkan dari penyelenggaraan kegiatan akademik.

"Kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa merupakan kegiatan penopang akademik, yang merupakan tindak lanjut pengembangan mutu dan daya saing mahasiswa," ujarnya.

"Pengembangan kompetensi mahasiswa pada bidang seni dan olahraga serta bidang-bidang lainnya menjadi satu prioritas UIN Datokarama dilakukan secara berkesinambungan, " katanya.

Sebelumnya Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Profesor Sagaf S Pettalongi menekankan kepada mahasiswa baru perguruan tinggi itu agar mengikuti proses akademik dan perkuliahan dengan baik.

"Tugas kalian adalah belajar, maka belajarlah dengan baik di kampus ini," katanya.

Rektor mengatakan 1.586 mahasiswa baru harus selesai tepat waktu dalam jenjang pendidikan strata satu. "Tidak boleh lewat dari delapan semester dalam jenjang strata satu," ungkapnya.

Oleh karena itu, ujar Sagaf, mahasiswa baru harus fokus dalam mengikuti proses perkuliahan dengan baik, agar tidak ada nilai mata kuliah yang tertunda.
Sebanyak 1.586 mahasiswa baru UIN Datokarama Palu mengikuti PBAK Tahun 2023. (ANTARA/Muhammad Hajiji)