PKK Banggai Kepulauan bantu pemda tingkatkan SDM generasi muda

id Pemkab Bangkep,Pkk bangkep,Wahyuningsih,Ihsan Basir,Bupati Bangkep

PKK Banggai Kepulauan bantu pemda tingkatkan SDM generasi muda

Bupati Bangkep Ihsan Basir bersama Ketua PKK Bangkep Wahyuningsih meninjau ketersediaan literatur di Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangkep. ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep

Banggai Kepulauan, Sulteng (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, membantu pemerintah daerah setempat untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) generasi muda di daerah itu.

Ketua TP-PKK Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep) Wahyuningsih, di Bangkep, Jumat, mengemukakan bahwa pembangunan sumber daya manusia generasi muda menjadi satu fokus program PKK.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan wawasan dan keterampilan generasi muda, sehingga terwujud pembangunan generasi muda unggul," ucap Wahyuningsih.

Ia mengatakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh PKK dalam program pembangunan SDM generasi muda, yaitu meningkatkan minat baca.

"PKK ikut dalam membangun minat baca masyarakat dan generasi muda, yang tujuannya agar terbentuk wawasan masyarakat dan generasi muda," ujarnya.

Kegiatan ini, kata dia, diikutkan dengan penyaluran literatur dan referensi kepada masyarakat khususnya generasi muda di desa.

Dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut, ujarnya, PKK Bangkep berkolaborasi dengan multipihak di antaranya Pemkab Bangkep, kelompok organisasi perempuan, organisasi masyarakat, dan pemerintah desa.

"Lewat kolaborasi ini penyediaan literatur dan referensi bacaan, dilakukan melalui pembangunan perpustakaan desa," sebutnya.

PKK Bangkep juga mendorong para ibu rumah tangga agar membiasakan anak mereka membaca literatur pendidikan untuk menopang pembangunan SDM.

Pemkab Bangkep menggagas dan mengimplementasikan program birokrasi mengajar yang salah satu tujuannya untuk meningkatkan minat baca generasi muda.

Bupati Bangkep Ihsan Basir telah menandatangani Surat Edaran Nomor: 061/655/Bag.Org tentang Program Birokrasi Mengajar pada 11 Juli 2023. Melalui surat tersebut, 45 pejabat, meliputi asisten bupati, staf ahli bupati, kepala dinas, hingga camat, dijadwalkan mengajar di beberapa sekolah.

Beberapa sekolah yang menjadi sasaran program itu, di antaranya SMKN 1 Kecamatan Bulagi Selatan, SMKN 1 Liang, SMK Tinangkung Utara, SMAN 1 Buko Selatan, SMAN Tinangkung Selatan, SMK Tinangkung Selatan, SMAN 1 Buko, SMAN 2 Totikum, SMKN 1 Tinangkung. Kemudian, SMAN Peling Tengah, SMAN Totikum Selatan, SMAN 1 Bulagi, SMAN 1 Bulagi Utara.
Ketua PKK Bangkep Wahyuningsih. ANTARA/HO-Prokopim Setda Pemkab Bangkep