70 perguruan tinggi berkompetisi dalam ajang Gemastik XVI di UB

id kampus UB, Gemastik 2023,filkom UB

70 perguruan tinggi berkompetisi dalam ajang Gemastik XVI di UB

Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemdikbudristek Tatang Muttaqin menyerahkan piala bergilir Gemastik XVI kepada Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kewirausahaan Mahasiswa UB Setiawan Noerdajasakti pada pembukaan Gemastik 2023 di kampus UB di Malang, Rabu (13/9/2023). (ANTARA/HO-Universitas Brawijaya Malang)

Malang (ANTARA) - Sedikitnya 221 tim dari 70 perguruan tinggi (PT) di Tanah Air mengikuti kompetisi Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XVI di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur pada 12-16 September 2023.

Ketua Gemastik XVI Muhammad Arif Rahman di Malang, Kamis, mengatakan Gemastik merupakan kompetisi bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang diselenggarakan Kemendikbudristek di bawah Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas).

Tahun ini jumlah peserta sebelum dinyatakan lolos ke babak final 2.781 tim berasal dari 315 perguruan tinggi.

Staf Ahli Bidang Manajemen Talenta Kemdikbudristek Tatang Muttaqin saat memberikan sambutan pembukaan kegiatan itu, Rabu (13/9), menyampaikan peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional.

SDM yang berdaya saing perlu dilengkapi dengan penguasaan iptek sebagai katalis pertumbuhan ekonomi untuk kemajuan bangsa.

“Kemendikbudristek memfasilitasi generasi muda bertalenta. Salah satunya melalui penyelenggaraan Gemastik untuk menguji dan meningkatkan penguasaan mahasiswa terhadap TIK, sekaligus meningkatkan kepedulian dan kesadaran mahasiswa dalam memanfaatkan iptek untuk menghasilkan inovasi berdaya saing tinggi,” katanya.

Menurutnya, peserta Gemastik tidak hanya unggul dalam bidang TIK, tetapi juga berkesempatan berkolaborasi dalam membentuk karakter mahasiswa yang berprestasi, kreatif, tangguh, dan cinta Tanah Air.

Hal ini sejalan dengan kebijakan merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) yang mendorong mahasiswa unggul dalam akademik dan menjadi individu yang inovatif, berdaya saing tinggi dan berkarakter.

Semua kegiatan Gemastik disiarkan secara streaming melalui kanal Youtube UB dengan tujuan sebagai pembelajaran bagi tim yang akan berjuang pada tahun depan.

Pada kesempatan itu, Arif Rahman mengucapkan selamat bertanding dan berharap para peserta menjunjung tinggi sportivitas seperti slogan Gemastik "Jujur itu Juara!"

Dalam laporannya, ia menyampaikan pentingnya Gemastik sebagai ajang bergengsi dalam kompetisi mahasiswa TIK di Indonesia. Tahun ini kegiatan final dilaksanakan sepenuhnya secara luring di mana pada tahun sebelumnya secara hybrid karena pandemi COVID-19.

Ia menyampaikan bahwa Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) UB menyiapkan 28 ruang untuk kegiatan final yang terbagi di masing-masing gedung, ada yang bertempat di ruang aula atau auditorium (Auditorium Algoritma).

Filkom juga menyediakan ruang transit bagi para peserta sebelum memasuki ruang lomba agar peserta dapat lebih siap ketika lomba dimulai.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa UB Setiawan Noerdajasakti menyampaikan Gemastik wadah penting untuk menyalurkan kreativitas, pemikiran inovatif, serta kemampuan teknologi mahasiswa di seluruh Indonesia.

“Sebagai tuan rumah, UB merasa terhormat atas kepercayaan dari Puspresnas dan Kemendikbudristek. Gemastik diharapkan menjadi wadah inspirasi bagi mahasiswa TIK untuk terus berinovasi dalam membantu memecahkan permasalahan di masyarakat melalui teknologi,” katanya.

Ia  mengharapkan para peserta lomba dapat memperluas pengetahuan, jejaring, dan relasi di antara universitas melalui ajang tersebut, sehingga akan tumbuh pemimpin-pemimpin yang ahli di bidang TIK bagi Indonesia.

Tahun ini kontingen UB diwakili sembilan tim, di mana tujuh tim dari Filkom dan dua tim dari Fakultas Teknik (FT).

Selama tiga hari ke depan, seluruh peserta melakukan kegiatan final di Filkom UB dan ditutup pada Jumat (15/9) di Gedung Samantha Krida.

Jumlah peserta Gemastik XVI yang masuk babak final dari 11 divisi lomba yang diumumkan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Puspresnas Kemdikbudristek, yakni Pemrograman (Programming) 20 peserta, Keamanan Siber (Cyber Security) 20 peserta, Penambangan Data (Data Mining) 20 peserta, Desain Pengalaman Pengguna (UX Design) 20 peserta, Animasi (Animation) 20 peserta, Kota Cerdas (Smart City) 20 peserta.

Selain itu, Karya Tulis TIK (ICT Scientific Science) 21 peserta, Pengembangan Perangkat Lunak (Software Development) 20 peserta, Piranti Cerdas, Sistem Benam, dan IoT (Smart Device, Embedded System & IoT) 20 peserta, Pengembangan Aplikasi Permainan (Game Development) 20 peserta, dan Pengembangan Bisnis TIK (ICT Business Development) 20 peserta.

Dari UB tercatat 11 tim lolos mengikuti Gemastik 2023. Informasi terkait Gemastik dapat dilihat pada laman https://gemastik.kemdikbud.go.id/.