Manggarai Barat targetkan kunjungan wisatawan mencapai 1 juta orang

id NTT,penerbangan langsung,penerbagan domestik,labuan bajo

Manggarai Barat targetkan kunjungan wisatawan mencapai 1 juta orang

Penerbangan Wings Air menjadi salah satu maskapai penerbangan yang saat ini melayani penerbangan lintas daerah di Provinsi Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/Benny Jahang)

Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur targetkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu bisa tembus 1 juta orang sehingga memerlukan dukungan pemerintah pusat agar membuka jalur penerbangan baru ke Labuan Bajo.

"Apabila pemerintah pusat membuka jalur penerbangan baru ke daerah yang potensial maka target kunjungan wisatawan hingga satu juta orang bisa tercapai," kata Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dalam keterangan yang diterima, Minggu.

Arus kunjungan wisatawan yang datang berwisata ke kabupaten ujung barat Pulau Flores yang telah ditetapkan sebagai kawasan wisata premium semakin ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Menurut Edistasius Endi apabila ada jalur penerbangan langsung yang menghubungkan Labuan Bajo dengan sejumlah daerah potensial seperti Makasar-Labuan Bajo, Batam-Labuan Bajo yang bisa menjadi pintu masuk wisatawan ke Indonesia.

"Apabila hal itu dilakukan maka kunjungan wisatawan ke Kabupaten Manggarai Barat terus meningkat dan target kunjungan 1 juta wisatawan bisa tercapai," kata Edistasius Endi.

Sementara itu praktisi pariwisata NTT Marius Jelamu mengatakan Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat perlu segera berkoordinasi dengan Pemerintah NTT untuk meminta agar pemerintah pusat membuka jalur penerbangan langsung ke Labuan Bajo dari sejumlah daerah potensial sehingga target 1 juta kunjungan wisatawan bisa tercapai.

Selain itu menurut mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT itu Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat perlu melakukan penataan secara serius terhadap kawasan Kota Labuan Bajo baik dari aspek transportasi maupun kebersihan Kota Labuan Bajo.

Ia berharap pemerintah Kabupaten Manggarai Barat juga memberikan kemudahan transportasi bagi wisatawan yang datang dengan menyiapkan sarana transportasi yang memudahkan wisatawan dalam beraktivitas selama berada Labuan Bajo.

"Apabila Kota Labuan Bajo bersih dan didukung dengan transportasi yang murah maka para wisatawan yang datang berkunjung menjadi lebih betah dan nyaman, bahkan semakin banyak yang datang berwisata ke Labuan Bajo. Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat harus fokus dulu penataan kotanya," kata Marius Jelamu.

Ia mengatakan gagasan adanya penerbangan langsung ke Labuan Bajo dari sejumlah daerah potensial seperti Lombok-Labuan Bajo, Batam-Labuan Bajo maupun Yogyakarta-Labuan Bajo sudah pernah digagasi saat dirinya menjadi Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT.

Selain itu kata dia, pemerintah pusat juga perlu membuka penerbangan langsung dari Labuan Bajo ke sejumlah daerah tujuan wisata di NTT seperti Labuan Bajo-Sumba, Labuan Bajo-Alor, Labuan Bajo-Rote sehingga wisatawan lebih mudah ke daerah-daerah wisata di NTT.