Pemkab Bangkep dan PHBG sinergi perkuat pembinaan umat

id phbg,kirstiani bangkep,gereja bangkep,pemkab bangkep,ihsan basir ,phbg bangkep,bupati bangkep

Pemkab Bangkep dan PHBG sinergi perkuat pembinaan umat

Foto bersama pengurus PHBG Kabupaten Banggai Kepulauan bersama Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir di sela - sela pengukuhan pengukuhan pengurus PHBG masa bhakti 2023 - 2027 (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)

Bangkep, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan (Pemkab Bangkep) bersinergi dengan Penyelenggara Hari Besar Gerejawi (PHBG) Bangkep, memperkuat pembinaan umat di daerah tersebut.

"Penyelenggara Hari Besar Gerejawi merupakan satu mitra strategis pemerintah daerah dalam membina umat pada aspek intelektual pemahaman keagamaan yang moderat, spiritual, moral, dan keterampilan," ucap Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir, di Bangkep, Sulawesi Tengah, Jumat.

Bupati Bangkep Ihsan Basir mengukuhkan pengurus Penyelenggara Hari Besar Gerejawi (PHBG) masa bhakti 2023 - 2027 berlangsung di Aula Bappeda Kabupaten Banggai Kepulauan.

Dalam kegiatan tersebut, Ihsan Basir mengemukakan bahwa organisasi PHBG yang sebahagian besar pengurusnya merupakan tokoh - tokoh Kristiani, dipandang memiliki peran strategis dalam menguatkan implementasi pembinaan umat.

Menurut Bupati, melalui PHBG para tokoh agama tersebut, dapat lebih mengoptimalkan pembinaan jemaat/umat melalui program - program kegiatan yang mengarah pada pembentukan dan peningkatan wawasan keagamaan yang moderat.

"Pembinaan umat beragama harus terus digencarkan, untuk mewujudkan umat beragama yang moderat, yang menjunjung tinggi nilai - nilai perbedaan dan kemajemukan," ujarnya.

Kata dia, pembinaan umat untuk mewujudkan umat beragama yang moderat, dapat dilakukan dengan mengedepankan pendekatan moderasi beragama yang mengakomodasi nilai - nilai agama dan sosial budaya.

Hal ini, menurut dia, perlu diikutkan dengan komunikasi dan sinergi, baik dalam internal organisasi maupun dengan pihak lain termasuk masyarakat dalam lingkup yang lebih luas.

“Oleh karena itu, sikap rendah hati, tulus, saling menghormati adalah hal utama yang wajib kita miliki bersama,” pungkasnya.

"Selamat kepada saudara - saudari penyelenggara Hari Besar Gerejawi Kabupaten Banggai Kepulauan masa bakti 2023 - 2027 yang baru dikukuhkan. Harapan saya, saudara - saudari dapat sepenuh hati dalam menjalankan kepercayaan dan tanggung jawab yang diberi, sebab sejatinya saudara dikukuhkan untuk pekerjaan kerohanian yakni kepada sang Maha Kuasa saudara bekerja dan mempertanggungjawabkan,” kata Bupati.

Ketua Umum PHBG Edison Moligay menyampaikan terima kasih kepada bupati dan seluruh jajaran Pemkab Banggai Kepulauan yang telah mendukung PHBG.

“Saya atas nama Ketua PHBG Kabupaten Banggai Kepulauan dan pengurus serta umat Kristiani mengucapkan terima kasih yang setinggi - tingginya kepada Pemerintah Banggai Kepulauan terkhusus Bupati Banggai Kepulauan yang sudah merespon dan mendukung kegiatan ini sehingga PHBG bisa terbentuk,” ucapnya.
Ketua PHBG Kabupaten Banggai Kepulauan Edison Moligay menyampaikan sambutan pengukuhan pengurus PHBG masa bhakti 2023 - 2027 (ANTARA/HO-Dinas Kominfo Bangkep)