Baznas Kabupaten-Sigi galang dana untuk Palestina

id Baznas Sigi,Baznas,Solidaritas Palestina,Hadi Wijaya,Posko peduli Palestina

Baznas Kabupaten-Sigi galang dana untuk Palestina

Baznas Kabupaten Sigi membuka posko solidaritas Palestina (ANTARA/HO-Sukardi)

Sigi, Sulawesi Tengah (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, melakukan aksi solidaritas penggalangan dana untuk membantu meringankan beban masyarakat Palestina yang saat ini sedang dalam situasi peperangan dengan Israel.

"Baznas ikut dalam aksi solidaritas kemanusiaan untuk Palestina," kata Ketua Baznas Kabupaten Sigi Hadi Wijaya, di Sigi, Kamis.

Hadi mengatakan bahwa aksi solidaritas dengan membuka posko penggalangan dana menjadi wujud kepedulian sosial dan keprihatinan terhadap kondisi rakyat Palestina.

"Hak ini merupakan bentuk solidaritas masyarakat Kabupaten Sigi, untuk bisa ikut berbagi dan membantu rakyat Palestina yang mengalami persoalan kemanusiaan akibat serangan negara Israel terhadap negara tersebut," ujarnya.

Hadi mengatakan bahwa serangan Israel terhadap Palestina dan sejumlah praktik kekerasan yang dilakukan oleh pihak Israel, merupakan bentuk pelanggaran kemanusiaan.

"Apa yang dilakukan terhadap Palestina oleh Israel, merupakan bukti nyata bentuk kekejaman dan mencederai nilai kemanusiaan," ungkapnya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat di Kabupaten Sigi untuk bersolidaritas dengan memberikan donasi bantuan meringankan beban masyarakat Palestina.

Ia menambahkan, BAZNAS Kabupaten Sigi membuka posko di jalan Karajalemba atau depan Kantor Camat Sigi Biromaru.

Selain itu, lanjut dia, pihaknya juga bekerja sama dengan Pemuda Risma Desa Mpanau dan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) UNISA dan UIN Datokarama, untuk menjadi relawan turun ke jalan mengajak masyarakat berdonasi membantu rakyat Palestina.

"Kami juga membuka rekening BNI 0913029773 atas nama BAZNAS Sigi, untuk memudahkan masyarakat yang ingin memberikan bantuan," ujarnya.

Hadi menambahkan bahwa aksi solidaritas Baznas Kabupaten Sigi merupakan tindak lanjut surat edaran Baznas Republik Indonesia. Di mana, edaran itu meminta kepada Baznas di tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk berpartisipasi bantuan solidaritas dunia Islam Palestina.

"Jadi seluruh Baznas di Tanah Air membuka layanan sedekah bagi warga Palestina," ungkapnya.