OJK berupaya tingkatkan literasi keuangan masyarakat di Sulteng

id OJK Sulteng ,Literasi keuangan masyarakat ,Sulteng ,Inklusi keuangan

OJK berupaya tingkatkan literasi keuangan masyarakat di Sulteng

Kepala OJK Sulteng Triyono Raharjo (Tengah). (ANTARA/Nur Amalia Amir)

Palu (ANTARA) - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tengah terus berupaya meningkatkan literasi keuangan masyarakat di wilayah itu dengan melakukan berbagai kegiatan edukasi.
 


"Untuk meningkatkan literasi keuangan pada masyarakat Sulawesi Tengah, Kantor OJK Sulteng sejak Januari 2023 telah berkolaborasi dengan seluruh stakeholders atau pemangku kepentingan melaksanakan sebanyak 49 kegiatan edukasi," kata Kepala OJK Sulteng Triyono Raharjo di Kota Palu, Kamis.


 


Ia menjelaskan total 6.350 peserta telah diberikan edukasi terkait literasi keuangan dengan sasaran yakni pelajar/mahasiswa, ibu rumah tangga dan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), tenaga pengajar hingga penyandang disabilitas.


 


Kegiatan edukasi tersebut bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait. Tidak hanya secara tatap muka, juga gelar wicara seputar edukasi keuangan di radio lokal juga rutin dilaksanakan setiap bulan.


 


Edukasi, kata Triyono, penting dilakukan untuk mendorong para pelajar agar menabung sejak usia dini, serta meningkatkan literasi atau pemahaman masyarakat atas suatu produk dan layanan keuangan sehingga masyarakat terlindung dari jeratan pinjaman dalam jaringan dan investasi ilegal.


 


Ia juga mengatakan OJK terus berkomitmen melakukan sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mendorong percepatan perluasan akses atau inklusi keuangan masyarakat guna mendukung prioritas pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan mendorong pembangunan nasional.


 


Sebagai upaya peningkatan literasi dan inklusi keuangan di sektor pasar modal, OJK Sulteng bersama dengan Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Sulteng telah menyelenggarakan Seminar Go Public dan Seminar Pasar Modal pada 8 November 2023.


 


Seminar Go Public dari Bursa Efek Indonesia diikuti oleh anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia BPC Morowali serta Asosiasi Pengusaha Bumi Nikel, dan seminar pasar modal diikuti oleh mahasiswa Politeknik Industri Logam Morowali.


 


"Selain itu, OJK Sulteng bersama pemerintah daerah Kabupaten Banggai juga menyelenggarakan Bulan Inklusi Keuangan yang merupakan agenda rutin setiap bulan Oktober sejak tahun 2016, dimana untuk tahun 2023 ini dilaksanakan di Kabupaten Banggai," katanya.


 


Puncak Bulan Inklusi Keuangan yang dilaksanakan pada tanggal 29-30 Oktober 2023 dihadiri lebih dari 3.000 pengunjung dimana dilaksanakan berbagai jenis kegiatan dalam rangka peningkatan inklusi keuangan, di antaranya pembukaan rekening efek bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Banggai, SIMPEL Award untuk lomba rajin menabung bagi siswa sekolah dasar, dan pembukaan Rekening SIMPEL bagi anak asuh Rumah Yatim & Tahfiz Al-Maun.