BI Sulteng optimis ekonomi daerah positif tahun 2024

id BI, pertumbuhan ekonomi, Sulawesi Tengah, inflasi

BI Sulteng optimis ekonomi daerah positif tahun 2024

Deputi Kepala Perwakilan BI Sulteng, Miko Bayuaji menyampaikan sambutannya dalam acara pertemuan tahunan BI Sulteng di Palu, Rabu (30/11/2023). ANTARA/HO-BI Sulteng

Palu (ANTARA) -
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulawesi Tengah optimis akselerasi ekonomi daerah di provinsi ini berlanjut positif di tahun 2024.


 


"Begitu pun target inflasi, yang masih akan berada dalam kisaran sasaran inflasi nasional," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Sulteng Miko Bayuaji dalam acara pertemuan tahunan BI Sulteng di Palu, Rabu (29/11).


 


Di kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh instansi di Sulawesi Tengah yang telah bersinergi dengan kuat untuk meningkatkan pembangunan ekonomi di provinsi tersebut.


 


Secara nasional, ekonomi Indonesia tetap berdaya tahan dan terus menunjukkan prospek yang baik. 


 


Bank Indonesia memproklamasikan pertumbuhan ekonomi dapat mencapai kisaran 4,7 hingga 5,5 persen pada 2024, dan akan meningkat 4,8 sampai 5,6 persen pada 2025.


 


Begitu pun inflasi nasional diperkirakan tetap terkendali dalam rentang sasaran 2,5±1 persen pada 2024 dan 2025 didukung konsistensi kebijakan moneter, kebijakan fiskal, dan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP). 


 


Sebagaimana pernyataan Gubernur BI dalam kegiatan yang sama di Jakarta bahwa, sinergi juga menjadi kunci utama dari prospek kinerja ekonomi Indonesia dalam melanjutkan ketahanan dan kebangkitan ekonomi terus diperkuat.


 


Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tengah Novalina dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi peran Kantor Perwakilan BI Sulteng atas perannya dalam memajukan ekonomi di daerah ini.


 


"Baik melalui asesmen ekonomi maupun sejumlah program kerja di bidang ekonomi syariah, digitalisasi sistem pembayaran maupun pengembangan UMKM.


 


Acara pertemuan tahunan BI Sulteng 2023 diisi dengan sejumlah rangkaian kegiatan, mulai dari apresiasi kepada pemangku kepentingan diantaranya UMKM, Pemerintah Daerah dan mitra strategis, relay PTBI Nasional serta ditutup dengan hiburan artis ibukota.