Kemenkumham dan Brida Sulteng kerja sama tingkatkan layanan KI

id Kanwil Kemenkumham Sulteng ,Brida Sulteng,Peningkatan layanan KI,Sulteng ,Kota Palu,Kerja sama,Brida Awards

Kemenkumham dan Brida Sulteng kerja sama tingkatkan layanan KI

Jajaran Kanwil Kemenkumham Sulteng bertemu pejabat Kantor Brida Sulteng di Kantor Brida Sulteng di Kota Palu, Jumat (1/12/2023). (ANTARA/HO-Humas Kemenkumham Sulteng)

Palu (ANTARA) - Kantor Wilayah Kemenkumham dan Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Sulawesi Tengah menjalin kerja sama meningkatkan layanan kekayaan intelektual (KI) di daerah ini.
 


"Kami akan terus berkolaborasi bersama dengan pemerintah daerah di Sulteng untuk meningkatkan layanan KI," kata Kepala Subbidang KI Kanwil Kemenkumham Sulteng I Nyoman Sukamayasa saat melakukan kunjungan ke Kantor Brida Sulteng di Kota Palu, Jumat.

 

Ia mengatakan pihaknya berkomitmen untuk meningkatkan layanan KI dengan menjalin sinergi dan kerja sama dengan stakeholder atau pemangku kepentingan terkait di daerah itu.

 

Untuk itu, kata dia, pihaknya melaksanakan pertemuan bersama Kepala Bidang Riset dan Inovasi Brida Sulteng Hasim dan Analis Pemanfaatan Ilmu Teknologi Ahli Muda Hengki Wowiling guna membahas terkait kerja sama tersebut.

 

Pertemuan itu, katanya, membahas berbagai rencana program dan persiapan kerja sama yang kemudian akan dituangkan dalam perjanjian kerja sama dan direncanakan dicetuskan bersamaan dengan kegiatan Brida Award Tahun 2023 pada 8 Desember 2023.

 

"Perencanaan kerja sama tersebut di antaranya pendirian stan pelayanan, edukasi, hingga pendaftaran KI terhadap pemilik KI atau inovasi masyarakat Sulawesi Tengah," katanya.

 

Brida Awards merupakan wadah bagi para periset, inovator, dan penggiat teknologi dari unsur pemerintah daerah dan perguruan tinggi untuk menyampaikan gagasan dan hasil gagasannya kepada masyarakat di Sulawesi Tengah, serta pencapaian pengelolaan keuangan daerah melalui publikasi dokumen keuangan dan perencanaan daerah pada website resmi pemerintah daerah.

 

Sukamayasa berharap melalui kegiatan tersebut dapat membuka peluang kerja sama antar pemangku kepentingan sehingga tercipta gagasan baru atau inovasi untuk menunjang pembangunan di Sulawesi Tengah.

 

"Kami menginginkan seluruh inovasi atau hasil karya masyarakat kita terlindungi dengan baik, mereka harus merasakan manfaat yang besar dari usahanya," kata dia

 

Sementara itu, Kepala Bidang Riset dan Inovasi Brida Sulteng Hasim mengatakan pihaknya siap berkolaborasi dengan Kanwil Kemenkumham Sulteng untuk meningkatkan layanan KI di daerah itu.

 

"Kami menyambut baik hal ini, tentunya ini menjadi satu komitmen untuk melindungi hak kekayaan intelektual masyarakat kita," ujarnya.

 

Dia berharap kerja sama tersebut ke depan dapat bermanfaat bagi masyarakat dan semakin memajukan pembangunan Provinsi Sulawesi Tengah.